Bandara Tebelian Ditargetkan Operasi Akhir Maret

13

Sintang, Kalbar – Bandara Tebelian yang saat ini masih dalam proses pembangunan landasan ditargetkan mulai beroperasi 30 Maret 2018 mendatang.

Rencananya akan diresmikan langsung oleh Presiden RI Joko Widodo serentak dengan 15 bandara lainnnya di seluruh Indonesia. “Menurut informasi dari Kementerian Perhubungan dan Kantor Sekretariat  Presiden, ada jadwal kunjungan presiden untuk peresmian bandara. Tapi kita belum tahu apakah presiden akan datang ke Sintang atau tidak,” kata Jarot.

Namun Jarot menegaskan, Pemerintah Kabupaten Sintang sudah siap untuk pelaksanaan peresmian Bandara Tebelian tersebut.  “Perkara seremonial presiden hadir atau tidak itu nomor   dualah. Kalau bandara ini sudah operasional, kapanpun presiden bisa hadir ke Sintang. Sebagai bupati, saya berharaplah presiden bisa hadir,” katanya.

Dikatakan Jarot, bahwa target 30 Maret 2018 Bandara Tebelian sudah mulai beroperasi mengantikan bandara susilo, mengingat Bandara Susilo Sintang saat ini kondisinya sudah tidak mendukung.

“Bandara Susilo runway nya hanya 1.300 meter. Sedangkan Bandara Tebelian runway nya 1.800 meter,” katanya.

Dikatakan Jarot, untuk jalan masuk bandara, yang menjadi tugas Pemkab Sintang membangunnya, akan di overlay lagi. “Sebab jika presiden datang, jalan itu harus kita percantik lagi,” katanya.

Menurut jarot, kalau aktivitas penerbangan di Bandara Tebelian sudah aktif, maka hal tersebut akan akan merubah wajah pertumbuhan ekonomi di kawasan Bandara Tebelian.

Fungsional Bandara Susilo Sintang, Firmansyah mengatakan, untuk kesiapan pindah operasional, Bandara Tebelian saat ini sudah siap semua. “BMKG sudah siap, airnav udah siap, terminal pun sudah siap. Semua alat-alatnya sudah ada, tinggal PK aja yang belum kita bawa ke sini,” kata Firmansyah.

Terkait pengerjaan runway, Firmansyah menjelaskan bahwa saat ini pengerjaan runway sudah mencapai 1.660 meter, dan akan ditambah hingga 1.800 meter.

 

Komentar