Bupati Citra Duani Lakukan Kunker di Desa Teluk Batang

79

Kayong Utara, Kalbar – Bupati Kayong Utara, Citra Duani menyampaikan, ketika melakukan kunjungan kerja serta silaturahmi ramadhan di Masjid Nurul Jannah Desa Teluk Batang, Senin (25/4). Bahwa untuk memberikan pelayanan serta pembangunan yang merata diseluruh Kecamatan bahkan sampai ke desa-desa yang ada di Kabupaten Kayong Utara, Pemerintah Daerah kembali merealisasikan beberapa pembangunan infratruktur serta layanan pendidikan dan kesehatan yang ada di kecamatan teluk batang.

Ia mengatakan, pada tahun ini, akan ada beberapa pembangunan di kecamatan teluk batang, di mana seluruh pembangunan tersebut diharapkan, dapat meningkatkan serta memperlancar mobilitas masyarakat. Sehingga dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi serta memberikan azas pembangunan yang merata untuk masyarakat Kayong Utara.

“Untuk memberikan azas pemerataan di Kabupaten Kayong Utara, tahun ini akan kita laksanakan beberapa pembangunan infrastruktur yaitu pemeliharaan atau rehabilitasi jalan teluk batang menuju seponti dengan pagu anggaran 5,5 Milyar, rehab jembatan sebanyak 6 unit, pembuatan sumur bor, peningkatan jalan sukamaju, peningkatan jalan lingkar kota teluk batang dan beberapa jalan lainnya yang ada di kecamatan teluk batang hal ini sebagai upaya kita dalam memberikan azas pembangunan yang merata di Kabupaten Kayong Utara sehingga mobilitas menjadi lancar dan perekonomian masyarakat dapat meningkat,” jelasnya.

Ia mengungkapkan, selain pembangunan dibidang infrastruktur, pada tahun 2022 di kecamatan teluk batang juga telah dibangun fasilitas Kesehatan, berupa dua unit puskesmas beserta peralatan medisnya yaitu, puskesmas desa sungai paduan dan puskesmas teluk batang. Di mana kedua unit puskesmas tersebut, sudah diresmikan oleh Bupati Citra beberapa waktu lalu, sedangkan untuk dibidang pendidikan Pemerintah Daerah juga telah menganggarkan untuk rehabilitasi beberapa gedung sekolahan yang ada di kecamatan teluk batang dan akan dikerjakan pada tahun ini juga.

Kemudian terkait dengan pelayanan kesehatan, Pemerintah Daerah juga telah menjalin kerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan. Menurutnya,  hal ini guna untuk membantu meringankan beban hidup masyarakat terutama bagi tenaga kerja yang ada di pemerintahan yaitu tenaga honorer maupun tenaga kerja yang ada di perusahaan.

“Sebagai upaya untuk meringankan beban masyarakat dibidang kesehatan, kita satu-satunya Kabupaten yang telah menjadi kepesertaan BPJS Kesehatan yang telah mencapai sebanyak 98 persen, kini kita juga telah menjalin kerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan, hal ini guna untuk meringankan beban hidup para pekerja yang ada kayong utara terutama bagi para pekerja dipemerintah daerah yaitu tenaga honorer dan juga bagi para pekerja di perusahaan sehingga ada jaminan atau asuransi bagi para pekerja khususnya di Kabupaten Kayong Utara,” tuturnya.

Ia menjelaskan, BPJS Ketenagakerjaan tersebut dianggap benar benar sangat membantu untuk meringankan beban hidup masyarakat, terutama dibidang Kesehatan. Karena, ini merupakan asuransi yang dapat membiayai apabila ada tenaga kerja yang mengalami kecelakaan saat bekerja bahkan sampai pada kematian.

Pada kegiatan ini, Bupati yang didampingi Istrinya Yayuk Winarti serta juga turut dihadiri beberapa Kepala OPD, Camat Teluk Batang, Kedes Teluk Batang serta Kepala Baznas Kayong Utara dan para tokoh agama dan masyarakakat desa teluk batang melaksanakan sholat isyak dan taraweh berjama’ah di Masjis Nurul Jannah Dusun Teluk Nipah Desa Teluk Batang.

Bupati Citra dan Yayuk Winarti memberikan Al-Qur’an, Sajadah, Kipas Anging, speaker portable untuk kelompok pengajian Dusun Teluk Nipah serta menyerahkan 50 paket sembako untuk masyarakat miskin dan menyerahkan santunan kepada 15 orang anak yatim yang ada di Dusun Teluk Nipah Desa Teluk Batang.