Bupati  dan  Sekda Sintang  Sidak ke Kantor OPD

51

Sintang, Kalbar – Pasca libur Hari Raya Idul Fitri 1443 H, Bupati Sintang, Jarot Winarno melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) ke sejumlah kantor OPD dan pelayanan Kesehatan, Senin (9/5) Pagi.

Adapun kantor dinas yang di sambangi Bupati dan rombongan yaitu Puskesmas Tanjungpuri, DPMPTSP, BPPD, Dinas Pendidkan dan Kebudayaan, DKBP3A dan Dinas Lingkungan Hidup.

Sidak di bagi dua rombongan, di mana Sekda Kabupaten Sintang memimpin rombongan satu dan Bupati memimpin rombongan dua.

Turut mendampingi Bupati pada rombongan satu ini yakni, Asisten I dan Asisten III Setda Kabupaten Sintang, Kepala BKPSDM Kabupaten  Sintang, Inspektorat dan rombongan lainnya.

Bupati Sintang, melalui Asisten I Setda Kab. Sintang, Yasser Arafat mengatakan tujuan sidak yang di lakukan sidak pasca libur Idul Fitri 1443 H ini guna memastikan seluruh pelayanan perkantoran & administrasi perkantoran di Lingkungan Pemkab Sintang mulai berjalan kembali seperti bisa.

“Bupati ingin memastikan bahwa seluruh layanan perkantoran dan pelayanan perkantoran di lingkungan pemkab sintang hari ini mulai berjalan, sesuai dengan intruksi bahwa kita cuti bersama idul fitri itu sampai tanggal delapan dan tanggal sembilan pak bupati ingin memastikan semua operasional kantor itu berjalan seperti biasa,” ungkap  Yasser usai mendampingi Bupati Sidak.

Selain itu,  Yasser mengatakan, bahwa  Bupati ingin bersilaturrahmi Idul Fitri 1443 mengingat tidak dilaksankannya Open House seperti biasanya karena masih dalam masa pandemi.

“Bupati juga sekaligus bersilaturrahmi lebaran, karena kita tahu bahwa tahun ini masih dalam masa pandemi, sehingga pak bupati memiliki keterbatasan untuk open house di rumah beliau, sehingga beliau ingin hadir ke kantor OPD,” ungkapnya.

Sementara itu,  untuk tingkat kehadiran ASN yang dilakukan Sidak rata-rata sudah 95% keatas. “Kita cek tadi tingkat kehadiran baik ASN dan tenaga honor rata-rata sudah 95% keatas, memang masih ada satu dua orang yang izin karena memang tidak bisa ditinggalkan, ada yang sakit, dan ada yang masih dalam masa cuti,” ucapnya.

Kepala BKPSDM Kabupaten Sintang, Witarso mengatakan, seluruh absensi kehadiran dari OPD akan di laporkan kepada Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia.

“Kami BKPSDM nunggu terkait absensi opd nanti kita laporkan ke menpan rb khusus yang kita sidak hari ini,” katanya.

Selanjutnya, terkait yang tidak hadir atau masuk pihaknya akan mengonfirmasikan ke pimpinan OPD nya masing-masing apakah yang yang bersangkutan izin tanpa alasan atau ada surat izin keterangan tidak masuk.

“Harus kita cek kembali, kecuali kalau kita sudah cek kembali tidak ada informasi lanjut dari pimpinan opd nya. Maka, yang bersangkutan dinyatakan tidak masuk kantor tanpa keterangan.  Terkait yang tidak masuk tanpa keterangan akan ada sanksi terkait dengan PP nomor 94 tahun 2021 tentang displin asn, maka ada teguran kepada yang bersangkutan,” ujarnya.

Sementara itu,  Sekda Kabupaten Sintang, Yosepha Hasnah yang memimpin Sidak rombongan satu ke tujuh OPD yakni Puskesmas Sui Durian, Disnakertran, Dinsos, Dishub, BKPSDM, Disdukcapil dan Kantor Camat Kelam Permai, mengatakan tingkat kahadiran baik ASN maupun tenaga honorer OPD yang dilakukan sidak sudah 95% sudah masuk kerja.

“Puji syukur kehadiran opd yang kita sidak sudah 95% saya liat, hampir semuanya hadir, kecuali ada yang cuti, ada yang sakit, tapi tidak banyak. Selain sidak kita juga silaturrahni lebaran ke opd-opd,” ucap Yosepha.

Ia mengingatkan, para pegawai baik yang ASN maupun tenaga honor untuk tetap displin dalam bekerja, terlebih usai libur atau cuti bersama.

“Semoga ke depan semangatnya tetap seperti ini, bukan hanya kali ini, kalau sudah libur mesti tepat waktulah masuk, tidak ada yang memperpanjang liburnya sendiri. Libur juga sudah lama, kegiatan sudah banyak menunggu, tetap disiplin,” pungkasnya.

Pada sidak tersebut Sekda di dampingi Asisten II Setda Kab. Sintang, Inspektur Kab. Sintang, Sekretaris Satpol PP dan rombongan lainnya. Adapun kantor OPD yang di sambangi Sekda dan rombongan yaitu, Puskesmas Sui Durian, Disnakertran, Dinsos, Dishub, BKPSDM, Disdukcapil dan Kantor Camat Kelam Permai.