Bupati Erlina Buka Bimbingan Haji Tingkat Kabupaten Mempawah

36

Mempawah, Kalbar – Bupati Mempawah, Erlina membuka bimbingan haji tingkat Kabupaten Mempawah Tahun 2022/1443 Hijriyah, b,ertempat di Aula Masjid Agung Al Falah, Kabupaten Mempawah, Senin (30/5). Sebanyak 82 calon jamaah haji asal Mempawah yang mengikuti bimbingan Manasik Haji tersebut.

Kepala Kementerian Agama Kabupaten Mempawah, Hasib Arista mengatakan, kegiatan manasik tersebut merupakan rangkaian dari kegiatan manasik sebelumnya di tingkat kecamatan yang dibagi dalam 2 zona.

Dia menyampaikan di tahun 2022 ini, Kabupaten Mempawah mendapatkan kuota calon jemaah haji sebanyak 82 orang, pelaksanaan bimbingan dan manasik kepada calon jamaah haji sesuai arahan dari Kementerian Agama RI untuk memberikan pembinaan dan pembekalan bagi para calon jamaah haji.

“Saya harap calon jamaah haji dapat mengikuti kegiatan ini dengan saksama, karena ini membantu dalam proses haji nanti, diharapkan dapat menjadi haji yang mabrur. Serta setiap calon jamaah haji harus memiliki bekal dan pengetahuan dalam setiap proses haji, dapat memahami materi – materi yang disampaikan dan dipelajari,” harapnya.

Dikatakan Hasib,  bahwa para calon jemaah haji Kabupaten Mempawah akan diberangkatkan ke Arab Saudi pada tanggal 15 juni 2022, dengan keberangkatan tersebut diharapkan dapat menjadi pembuka pelaksanaan haji yang kembali normal di tahun 2023.

Kepala Kemenag Kalbar Syahrul Yadi menyampaikan kebijakan yang ditetapkan oleh pemerintah Arab Saudi ditahun 2022, salah satunya Arab Saudi memberikan kuota bagi indonesia sebanyak 95.825 jamaah haji reguler dan Kalbar sebanyak 1.123 calon jamaah haji.

“Berbagai persyaratan yang harus dipenuhi oleh para jamaah, salah satunya usia kurang dari 65 tahun, telah mendapatkan vaksin covid dosis lengkap, serta melakukan tes pcr sebelum keberangkatan,” ungkapnya.

Bupati Mempawah, Erlina mengatakan  aturan di Arab Saudi sangat ketat terkait Covid 19. Jadi, Harus dipahami agar berbagai proses haji dapat berjalan dengan lancar, tertib dan aman.

Erlina berharap, jamaah haji Kabupaten Mempawah dapat menjaga kondisi kesehatan di tengah cuaca panas yang melanda Arab Saudi, dan menjaga asupan makanan agar kondisi selalu prima. “Kita harapkan para jamaah haji Kabupaten Mempawah dapat melaksanakan seluruh rangkaian haji dengan lancar dan aman,” ujar Erlina.

Dia berpesan, kepada seluruh calon jamaah haji agar dapat saling menjaga dan mengingatkan antar sesama jamaah haji Kabupaten Mempawah serta dapat kembali ke Mempawah dalam keadaan sehat wal afiat serta dapat kembali berkumpul bersama keluarga. “Semoga seluruh jamaah Mempawah dapat mengikuti semua proses haji secara lancar dan aman, serta menjadi haji yang mabrur,” harapnya.