Bupati Pagi Hadiri Penilaian Aku Hatinya PKK Tingkat Provinsi

58

Wakil Bupati Mempawah Muhammad Pagi menghadiri penilaian “Aku hatinya PKK Tingkat Provinsi Kalimantan Barat” di Desa Pasir Panjang, Kecamatan Mempawah Timur, Kamis (21/7).

Turut dihadiri, Hadir dalam kesempatan tersebut Camat Mempawah Timur Agus Isnanto, Kades Pasir Panjang Suhardi, Kapolsek Mempawah Timur dan Danramil Mempawah Timur.

Camat Mempawah Timur Agus Isnanto mengatakan kegiatan tersebut menunjukkan bahwa Kecamatan Mempawah Timur memiliki potensi yang besar di bidang pertanian dan peternakan, selain juga ada hasil perkebunan yang juga dikenal.

Ia mengungkapkan, pada bulan-bulan tertentu hasil buah yang ada di Kecamatan Mempawah Timur menjadi primadona di pasaran Mempawah maupun di Kalimantan Barat, sehingga kedepannya potensi tersebut akan dikembangkan.

“Mari kita maksimalkan potensi yang ada untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kecamatan Mempawah Timur,” ungkap dia.

Ketua TP PKK Kabupaten Mempawah Julina menyatakan bangga melihat hasil perkebunan yang dihasilkan masyarakat Desa Pasir Palembang, tentunya antusias masyarakat patut diapresiasi serta membuahkan prestasi bagi Desa Pasir Panjang.

Julina berharap, ke depannya mendapatkan pembinaan dari tim provinsi untuk dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan Dasa Wisma yang ada di Kabupaten Mempawah agar dapat meningkatkan hasil yang lebih baik lagi kedepannya. “Semoga dengan penilaian ini dapat meningkatkan peran serta masyarakat dalam menjaga ketahanan pangan di wilayah Kabupaten Mempawah,” harap dia

 Ketua Tim Penilai Hilfira Hamid mengatakan bahwa di tahun 2022, Kabupaten Mempawah masuk ke dalam nominasi penilaian Aku Hatinya PKK tingkat Provinsi Kalimantan Barat, antusiasme tersebut terlihat sejak tim memasuki Desa Pasir Panjang di mana masyarakat banyak menanam berbagai aneka tanaman dan buah-buahan.

Hilvira menyatakan bahwa sidak dilaksanakan secara agar penilaian yang dilakukan benar – benar tanpa rekayasa, sehingga dengan begitu penilaian yang dihasilkan lebih obyektif. “Empat sektor penilaian sudah terpenuhi, tentunya ini memperlihatkan program Aku Hatinya PKK sudah terserap di masyarakat Kabupaten Mempawah,” ujarnya.

Wakil Bupati Mempawah Muhammad Pagi menyampaikan bahwa Kecamatan Mempawah Timur memiliki potensi dan selalu berprestasi terutama dalam 10 program PKK, dua kekuatan  tersebut ialah tanahnya subur lalu masyarakatnya yang kompak.

Lanjutnya dikatakan pontensi tersebut membuat Kecamatan Mempawah Timur telah berhasil dua kali meraih prestasi Aku Hatinya PKK baik di tingkat kabupaten maupun di tingkat Provinsi Kalimantan barat.

“Desa Pasir Panjang meraih juara 1 di tingkat kabupaten sehingga berhak mengikuti perlombaan di tingkat Provinsi Kalimantan Barat,” ujarnya.

Dikatakannya, 60 desa di Kabupaten Mempawah memiliki tim Aku Hatinya PKK, namun hingga saat ini yang mendominasi yaitu dari Kecamatan Mempawah Timur yang memang terbukti memiliki potensi. Besar harapan kegiatan ini dapat diikuti kecamatan lainnya di Kabupaten Mempawah.

Terbukti bahwa jika 10 program PKK dapat terlaksana di masyarakat, tentunya akan diikuti dengan peningkatan perekonomian keluarga, karena dengan memanfaatkan lahan yang tersedia terlebih di tengah kondisi pandemi Covid 19, tentunya ini sangat membantu. “Mari manfaatkan potensi yang ada untuk membantu memenuhi kebutuhan rumah tangga melalui program – program PKK,” ucapnya.

“Semoga penilaian ini dapat memberikan prestasi terbaik bagi semua pihak yang terlibat dalam menyukseskan Aku Hatinya PKK di Desa Pasir Panjang,” pungkas dia.