Bupati Sekadau Ingin Penyusunan RKPD Dapat Tepat Sasaran

42

Sekadau, Kalbar – Pemerintah Daerah Sekadau melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan Kabupaten Sekadau, menggelar acara Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Sekadau Tahun 2023 yang dilaksanakan di Ruang Serbaguna Kantor Bupati Sekadau, Kecamatan Sekadau Hilir, Kabupaten Sekadau, Rabu, (2/2).

Acara tersebut dibuka secara langsung oleh Bupati Sekadau, Aron didampingi Asisten Pemerintahan dan kesra Setda Sekadau Fendy dan Plt Kepala Bappeda Litbang Kabupaten Sekadau Nurhadi.

Pada kesempatan tersebut, Aron menjelaskan, forum konsultasi publik rancangan awal RKPD merupakan amanat dari Permendagri Nomor 86 Tahun 2017 pada pasal 80 yang menyebutkan, bahwa rancangan awal RKPD dibahas bersama dengan Kepala Perangkat Daerah dan pemangku kepentingan dalam forum konsultasi publik untuk memperoleh masukan dan saran penyempurnaan.
“Konsultasi publik merupakan forum dalam rangka menjaring masukan-masukan dari berbagai pihak, dalam rangka penyempurnaan rancangan awal RKPD sebelum disampaikan dalam Musrenbang RKPD, untuk selanjutnya disusun menjadi rancangan akhir RKPD dan ditetapkan,” jelasnya.

Selain itu, Aron mengharapkan, dalam konsultasi publik pada penyusunan rancangan awal RKPD tahun 2023 kegiatan yang direncanakan dapat tepat sasaran sesuai dengan RPJMD Kabupaten tahun 2021-2026.
“Pelaksanaan kegiatan ini dapat kita jadikan sebagai momentum yang strategis bagi kita semua untuk melanjutkan tahapan pembangunan ditengah pandemi Covid-19 dan pasca bencana banjir besar yang melanda Kabupaten Sekadau beberapa waktu yang lalu,” ujarnya.

Di samping itu, Aron juga mengatakan, bahwa pada tahun 2023 merupakan tahun ketiga pelaksanaan RPJMD Kabupaten Sekadau tahun 2021-2026 yaitu, tahap pembangunan lanjutan di mana tetap melakukan percepatan penyediaan infrastruktur dasar dan konektivitas daerah.

“Pada tahapan ketiga ini sasaran utama mengarah pada optimalisasi pemanfaatan infrastruktur untuk peningkatan kegiatan ekonomi terutama pada komoditi yang menjadi unggulan daerah, peningkatan status desa dan peningkatan kualitas sumber daya manusia,” ungkapnya.

Selanjutnya, Aron juga berharap, pada tahun 2023 dapat menjadi motor penggerak kinerja pembangunan di Kabupaten Sekadau. “Kami menyadari pada tahun 2021 masih ada target pembangunan yang belum tercapai. Sehingga perlu dilakukan upaya percepatan dan lompatan dengan kerja keras agar dapat mencapai terget yang diinginkan,” katanya.

Pada forum konsultasi tersebut juga dilakukan pemaparan materi rancangan awal penyusunan RKPD yang disampaikan oleh Plt Kepala Bappeda Litbang Kabupaten Sekadau yang dilanjutkan dengan sesi penyampaian, pendapat serta saran dari para Kepala SKPD dilingkungan Pemerintah Kabupaten Sekadau dan diakhiri dengan foto bersama.