Bupati Sekadau Serahkan 12 Ekor Sapi

17

Sekadau, Kalbar – Bupati Sekadau Aron melakukan penyerahan hewan kurban dalam rangka perayaan Hari Raya Idul Adha di halaman Kantor Bupati Sekadau, Kecamatan Sekadau Hilir Kabupaten Sekadau, Jumat (8/7). Penyerahan kurban tersebut turut dihadiri oleh Forkopimda Kabupaten Sekadau serta perwakilan penerima bantuan hewan kurban.

Ketua panitia, Fendi menyampaikan, bahwa  penyerahan hewan kurban tersebut pada tahun ini terdapat 12 ekor hewan kurban berupa sapi yang akan diserahkan oleh Bupati Sekadau kepada pengurus masjid dan pegawai tidak tetap di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sekadau.

“Penyerahan hewan kurban dalam rangka Idul Adha 1443 H kepada 7 Kecamatan sebanyak 8 ekor, beserta 2 ekor untuk pegawai tidak tetap di lingkungan Kantor Bupati serta dirangkaikan dengan penyerahan bantuan hewan kurban dari Gubernur Kalimantan Barat sebanyak 2 ekor, jadi total diserahkan sebanyak 12 ekor,” ungkapnya.

Kabupaten Sekadau memiliki 138 masjid yang sudah terdaftar dimana 67 diantaranya sudah diberikan bantuan oleh Pemerintah Kabupaten Sekadau. Berdasarkan data dari bagian Kesra Setda Sekadau, sejak tahun 2014 terdapat 81 ekor hewan kurban yang telah diserahkan oleh Pemerintah Kabupaten Sekadau. Perbedaan jumlah data penerima dan data hewan kurban yang disalurkan tersebut dikarenakan ada Masjid yang menerima bantuan sebanyak 2 (dua) kali.

Selain itu, sebagian besar Masjid yang ada di Kabupaten Sekadau sudah mampu untuk mengadakan hewan kurban sendiri, sehingga tidak diberikan bantuan oleh Pemerintah Kabupaten Sekadau.

“Kriteria penyerahan bantuan sapi yaitu mereka mengajukan permohonan dimana mungkin mereka sangat membutuhkan (bantuan tersebut). Sebagian besar masjid kita juga sudah berkemampuan,” ujar dia.

Bupati Sekadau, Aron menyampaikan, unguk beberapa tahun ini jumlah hewan kurban yang diserahkan sudah meningkat sebanyak 1 ekor sapi. Aron berharap pelaksanaan penyerahan hewan kurban tahun depan dapat bertambah sebanyak  2 ekor sapi

“Kita selalu memberikan bantuan kepada masyakat. Sebelumnya dulu hanya 7 ekor, mulai tahun kemarin kita tambah 1 ekor, kemudian semoga tahun depan bisa kita tambah 2 ekor,” ungkapnya.

Ia berharap, agar kegiatan kurban ini dapat memperbaiki diri kita dalam melaksanakan ibadah. “Semoga kurban yang kita laksanakan ini dapat mengingatkan kembali akan banyak hal yang harus kita lakukan untuk memperbaiki  diri kita kedepan dalam rangka melaksanakan ibadah masing masing,” harapnya.

Kegiatan tersebut ditutup dengan penyerahan hewan kurban oleh Bupati Sekadau kepada penerima bantuan serta pemantauan hewan kurban secara langsung di lapangan.