Disdikbud Sintang Gelar Pameran Alat Musik Tradisional

Sintang, Kalbar – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sintang, melalui Museum Kapuas Raya, mengadakan Pameran Temporer Alat Musik Tradisional selama 8 hari di Museum Kapuas Raya, Jalan Sintang-Putusibau, mulai 11 Oktober 2023 hingga 18 Oktober 2023.

Yustinus, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sintang, mengundang seluruh pelajar dan masyarakat umum untuk datang ke Museum Kapuas Raya dan melihat koleksi alat musik tradisional Kabupaten Sintang yang dipamerkan selama 8 hari.

“Tujuan pelaksanaan pameran alat musik tradisional ini adalah untuk memperingati ulang tahun ke-15 Museum Kapuas Raya. Selain itu, pameran ini juga merupakan implementasi dari rancangan pelestarian, pembinaan, dan pemanfaatan objek pemajuan kebudayaan. Kami ingin mempromosikan seni daerah sebagai identitas lokal, menyediakan media pembelajaran dan informasi tentang kebudayaan umum, khususnya alat musik tradisional, serta menarik minat masyarakat untuk mengunjungi museum,” ungkap Yustinus.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sintang juga telah mengundang kepala sekolah dasar untuk hadir pada pembukaan kegiatan ini dengan harapan bahwa para kepala sekolah dapat membawa para pelajar untuk mengunjungi museum.

“Selain pameran, selama 8 hari ini, terdapat berbagai kegiatan lain seperti lomba drama cerita rakyat tingkat SD/MI dan tingkat SMP/MTS, yang telah dilaksanakan pada tanggal 29 September 2023 dengan melibatkan 26 tim dari berbagai sekolah di Kabupaten Sintang. Ada juga lomba fashion show tingkat PAUD/TK, tingkat SD/MI, dan tingkat SMP/MTS yang telah dilaksanakan pada tanggal 2-3 Oktober 2023, dengan jumlah peserta mencapai 120 siswa/siswi.” Terang Yustinus.

Yustinus menjelaskan bahwa kegiatan lainnya meliputi belajar bersama alat musik tradisional yang berlangsung dari tanggal 5 hingga 9 Oktober 2023, dan akan dilanjutkan pada tanggal 14 hingga 18 Oktober 2023, dengan melibatkan 600 peserta. Selain itu, terselenggara pula acara talkshow alat musik tradisional pada tanggal 12 Oktober 2023 dan acara workshop alat musik tradisional pada tanggal 13 Oktober 2023.

“Museum Kapuas Raya masih memiliki kekurangan berupa kurangnya ruang pamer dan ruang belajar. Jika tersedia ruang pamer atau ruang belajar, museum dapat mengundang lebih banyak pengunjung dalam setiap kegiatan yang diselenggarakan.” Tutup Yustinus.