HKG Jadi Peluang Dalam Peningkatan Potensi Masyarakat

60

Kubu Raya, Kalbar  – Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan menghadiri HKG ditingkat Kecamatan Sungai Ambawang, Rabu (29/6).

Muda meminta, kepada semua lapisan masyarakat, agar Hari Kesatuan Gerak PKK ke-50 dijadikan forum perekat persaudaraan dalam bertukar pikiran. “Di HKG yang diselenggarakan di setiap kecamatan ini, menunjukan antusias warga atau peserta yang sangat luar biasa, sehingga ini jadi forum perekat,” ungkapnya.

Ia mengatakan, agar tidak  membangun sentimen, sehingga berpengaruh yang tidak baik. Masyarakat harus lebih berpikir bagaimana membangun prestasi. “Jadi kita memanfaatkan secara optimal dan tidak boleh minder. Sesungguhnya dari kampung itulah, paling memiliki martabat. Kita dari kampung, tapi bukan kampungan,” ujar dia.

Dikatakannya,  agar selalu rendah hati tapi tidak boleh rendah diri, karena  peradaban yang di kampung, justru lebih tinggi dan harus dijaga. “Tetapi ingat jaman dulu, selalu membangun inisiatif yang tinggi terutama bermain selalu bersama- sama. Lain halnya dengan sekarang, memiliki tantangan dan membangun karakter bersama,” katanya.

Ia menilai, dengan informasi yang sangat mudah didapat, tentu harus memiliki inisiatif, agar membentuk anak-anak yang bisa berfikir cerdas, mulai dari pendidikan usia dini. “Kita akui memang anak sekarang lebih cepat dan banyak anak- anak kita hebat- hebat, karena informasinya cepat. Lain zaman dulu, perlu waktu lama dengan jarak yang jauh untuk mendapatkan informasi. Makanya perlu kita jaga, dengan kepekaan, sehingga tidak berdampak buruk untuk kedepannya,” tutur dia.

 Camat Sungai Ambawang, Satuki mengatakan, dengan HKG tersebut antusias warga yang sangat luar biasa. Tak hanya itu, dengan peringatan HKG, bisa mengetahui potensi yang ada di masyarakat.

” Dengan HKG ini, bisa mengetahui kreativitas warga dalam berkarya. Banyak macam yang diperlihatkan di pameran ini, mulai dari membuat olahan makanan, aksesoris bahkan pertanian. Tinggal kita poles sedikit,” katanya.

Dia berharap, agar kreatifitas yang ditunjukkan di stan pameran ini, terus dikembangkan, sehingga keterampilan yang dimilikinya lebih terbiasa atau lebih bagus hasilnya. ” Nanti kita akan kembangkan juga dengan beberapa pelatihan yang sesuai dengan keahlinya, sehingga bisa lebih maksimal lagi pengolahannya,” harapannya.