Laskar Pemuda Melayu Gelar Karnaval Perahu Hias

95

Melawi, Kalbar – Sebanyak puluhan perahu hias meramaikan karnaval perahu hias di sepanjang Sungai Melawi dan Sungai Pinoh, Senin (3/5. Karnaval perahu hias tersebut diselenggarakan oleh Laskar Pemuda Melayu dengan dukungan Pemerintah Kabupaten Melawi dan Polres Melawi dalam rangka memeriahkan perayaan Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah di Kabupaten Melawi.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Melawi, Dadi Sunarya Usfa Yursa, Wakil Bupati Melawi, Kluisen, Kapolres Melawi, AKBP Sigit Eliyanto Nurharjanto, LO Kodim 1205/Sintang, Mayor Edi Winarno, Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Melawi, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Pemuda.

Ketua Panitia Karnaval Perahu Hias, Eet Roskayudi Aroy mengatakan, karnaval perahu hias tersebut mempertandingkan 2 kategori lomba, yakni kategori speed tempel dan kategori kapal kletok.

Ia berharap, kegiatan karnaval perahu hias dapat terus dilaksanakan dan diagendakan menjadi kegiatan tahunan. Ia pun mengucapkan terima kasih kepada jajaran Pemerintah Kabupaten Melawi, Polres Melawi, panitia acara dan seluruh pihak yang sudah mendukung terselenggaranya aacara tersebut.

Sementara itu, Wakil Bupati Melawi,  Kluisen dalam sambutannya ketika resmi melepas karnaval perahu hias mengatakan merupakan salah satu kegiatan yang membawa nuansa kearifan lokal dan suasana kebersamaan.

“Sebagai daerah yang memiliki banyak sungai, perahu atau sampan merupakan salah satu alat transportasi dan sering digunakan masyarakat. Tentunya, ini merupakan salah satu tradisi dan budaya asli masyarakat kita,” ucapnya.

Ia mengatakan, lomba perahu hias diharapkan dapat terus dilaksanakan dan dipertahankan sebagai ciri khas daerah saat perayaan Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah dan menjadi icon wisata baru di Kabupaten Melawi.

“Seperti yang sudah disampaikan ketua panitia, saya juga berharap kegiatan karnaval perahu hias ini bisa dilaksanakan setiap tahun dan menjadi agenda tahunan di Kabupaten Melawi. Dengan diadakannya karnaval ini dapat mempromosikan Kabupaten Melawi yang memiliki potensi wisata air dan sungai. Ini akan menjadi icon baru pariwisata Kabupaten Melawi apabila terus kita kembangkan kedepannya,” ujarnya.

Ia juga mengajak, seluruh masyarakat Kabupaten Melawi untuk mengisi Hari Raya Idul Fitri 1443 H dengan menyelenggarakan kegiatan-kegiatan yang positif.

Menutup sambutannya, Wakil Bupati Melawi mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat, panitia, jajaran pemerintah, Polres Melawi, TNI, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, Pimpina Ormas, dan seluruh pihak yang telah mendukung terselenggaranya kegiatan tersebut.