MTQ Ke – VII Tingkat Kecamatan Jongkat Diresmikan

109

Mempawah, Kalbar – Bupati Mempawah Erlina menghadiri sekaligus membuka Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke- VII tingkat Kecamatan Jongkat di Masjid Jami’ Nurul Iman, Desa Wajok Hulu, Jumat (27/5). Pelaksanaan MTQ tersebut berlangsung dari tanggal 27 –  30 Mei 2022.

Turut dihadiri, Camat Jongkat Reno Prawira, Kapolsek Jongkat, Danramil, para kepala desa dan tamu undangan lainnya.

Ketua Pelaksanan, Basri mengatakan salah satu tujuan pelaksanaan MTQ ialah, meningkatkan wawasan peserta dalam memahami ilmu agama serta sarana mempererat tali silaturahmi serta pencarian bakat untuk mengikuti kompetisi serupa ke jenjang yang lebih tinggi.

Ia menuturkan,  pada MTQ ke- VII tersebut diperlombakan tujuh (7) cabang dan diikuti peserta dari lima desa yang ada si Kecamatan Jongkat. “Mari bertanding secara hikmat dan sportif, serta dapat memberikan penampilan terbaik dalam setiap cabang yang diikuti,” ujarnya.

Dalam sambutannya, Bupati Mempawah Erlina mengatakan pelaksanaan MTQ sudah menjadi kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahun baik dari tingkat desa, kecamatan, kabupaten, provinsi hingga nasional dan internasional.

“Tentunya tidak hanya sekedar bermakna sebagai peneguhan syiar Islam tetapi diharapkan menjadi barometer untuk mengukur hasil atau out come dari kegiatan pembelajaran Al – Quran yang berlangsung di tengah-tengah masyarakat di Kabupaten Mempawah,”tutur Erlina.

Menurut Erlina,  selain menjadi syiar dan dakwah keagamaan yang efektif, juga secara nyata telah terbukti mampu menjadi daya dorong yang kuat dalam memacu percepatan pembangunan terutama dari segi keagamaan, pencerahan rohani dan cahaya kedamaian serta mewarnai akhlakul kharimah masyarakat Kabupaten Mempawah.

Ia mengungkapkan,  kitab suci Al-Quran adalah kalam Allah atau Kalamullah, yang diturunkan untuk menjadi tuntunan dan pegangan bagi umat manusia, agar memperoleh kebahagian di dunia maupun di akhirat. Susunan kata yang indah, kalimat yang jelas dan terang, serta gaya bahasa yang mengagumkan, kitab suci Al- Quran merupakan sumber inspirasi yang tidak pernah kering .

“Semakin kita dalami Al-Quran, semakin kita yakin akan kebenaran firman Allah SWT,” tegasnya.

Dia berharap, kepada para peserta dengan keikutsertaannya dapat membawa manfaat dan maslahat, dalam upaya mengaktualisasikan ajaran Islam secara damai di Bumi Galaherang serta  mengapresiasi kerja keras seluruh panitia atas terselenggaranya MTQ ke-VII tingkat Kecamatan Jongkat. Untuk seluruh kegiatan dapat berjalan lancar, tertib dan hikmat sesuai dengan keinginan semua.

“Selamat bertanding kepada seluruh peserta, semoga dapat memberikan prestasi terbaik serta dapat mempersiapkan diri untuk jenjang kabupaten dan giat berlatih untuk meraih prestasi yang lebih baik,” pungkasnya.