Pelatihan Digitalisasi Branding Dibuka

46

Singkawang, Kalbar – Staf Ahli Wali Kota Bidang Kemasyarakatan dan SDM Bujang Sukri membuka Pelatihan Digitalisasi Branding, Pemasaran dan Penjualan pada Desa Wisata, Homestay, Kuliner, Souvenir dan Fotografi Tahun 2022 di Hotel Dangau Singkawang, Rabu (20/7). 

Kegiatan ini diikuti dari Kelompok Sadar Pariwisata (pokdarwis) dan Duta Pariwisata. Di era modern sekarang ini, salah satu arah pembangunan bangsa adalah pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) yang menjadi aset terpenting untuk diharapkan mampu bersaing dilingkup lokal maupun internasional.

Bujang Sukri mengatakan terdapat tiga aspek penting yang menjadi dasar dalam perencanaan pengembangan pariwisata yang disingkat dengan 3A (Atraksi, Aksesibilitas, dan Amenitas). Aspek 3A ini merupakan syarat minimal bagi pengembangan sebuah destinasi wisata.

“Ada yang namanya konsep pengembangan pariwisata yaitu Atraksi, Akses, dan Amenitas. Contoh kecil Atraksi di Singkawang kita ada Budaya Cap Go Meh, kekayaan alam wisata dan sebagainya. Untuk  akses kita punya kemudahan infrastruktur jalan, terbaru pemerintah kita sedang merencanakan pembangunan Tol Singkawang-Pontianak yang sekarang sedang masuk tahap study kelayakan. Kemudian untuk Amenitas, kita kaya akan kuliner khas dan oleh-oleh,” tutur dia.

Ia mengajak,  para peserta pelatihan untuk melek teknologi agar pengembangan pariwisata tersebut dapat berjalan dan terwujud melalui konsep destinasi digital sehingga pariwisata Kota Singkawang mampu bersaing dan menyesuaikan perkembangan jaman melalui digitalisasi.

“Sekarang sudah jamannya sosial media, melalui itulah kita bisa mengangkat nilai pariwisata Kota Singkawang, sering-sering share tempat-tempat wisata atau spot foto yang unik. Bahkan jaman sekarang makanan pun bisa jadi objek foto yang menarik. Harus selalu update terlebih Singkawang adalah Kota Pariwisata,” ujar dia.

Ia mengapresiasi,  panitia kegiatan bidang pariwisata yang telah menyelenggarakan pelatihan digitalisasi ini dan berharap kegiatan dapat berjalan lancar dan bermanfaat untuk kemajuan pembangunan pariwisata di Kota Singkawang.

“Saya mewakili Wali Kota Singkawang dengan resmi membuka kegiatan pelatihan digitalisasi ini. Semoga kegiatan ini dapat bermanfaat bagi pengembangan kepariwisataan di Kota Singkawang khususnya,” tutup dia.