Pemda Sanggau dan  TNI Laksanakan Program TMMD

32

Sanggau, Kalbar  – Wakil Bupati Sanggau, Yohanes Ontot  bersama Dandim 1204/Sanggau Letkol Inf. Bayu Yudha Pratama melakukan sosialisasi terkait Lokasi Jalan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) yang dilaksanakan di Kantor Desa Selampung Kecamatan Jangkang, selasa (12/4).


Dalam perjalanan menuju lokasi kegiatan, rombongan Wakil Bupati dan Dandim 1204/Sanggau melakukan peninjauan jalan dan jembatan untuk melihat kondisi jalan dan jembatan yang menghubungkan SP IV Mukok dengan Desa Selampung Kecamatan Jangkang.

Kepala Disbimasda Kabupaten Sanggau, John Hendri menyampaikan, ruas jalan yang akan dikerjakan kurang lebih 24,1 Km dari Desa Entakai ke Desa Selampung.

“Kegiatan TMMD ini akan dimulai dari Desa Entakai ke Desa Selampung dengan anggaran sekitar 1,4 M dengan Panjang jalan yang diperbaiki lebih kurang 24,1 Km. Sementara ruas berikutnya adalah dari Desa Selampung menuju ke SP IV melalui kegiatan Karya Bakti TNI dengan anggaran kurang lebih 300jt,” jelasnya.


Dandim 1204/Sanggau menerangkan, bahwa akan mengerahkan anggota sekitar 150 orang dan berharap agar pihak tokoh masyarakat membantu pihak TNI demi kelancaran pengerjaan perbaikan jalan tersebut. Untuk rencana personil yang terlibat dalam pengerjaannya sekitar 150 anggota dengan sasaran sepanjang dari Entakai sampai Selampung kurang lebih 24,1 Km.

“Mudah-mudahan dalam pelaksanaan kegiatan nanti masyarakat dapat membantu kami dari TNI dalam pelaksanaan pembebasan jalan, perapian jalan dan peningkatan kualitas jalan. Serta juga agar masyarakat menerima anggota kami yang akan menginap di rumah-rumah warga nantinya,” harapnya.

Wakil Bupati Sanggau menjelaskan, TMMD adalah Kerjasama pemerintah bersama dengan TNI.

“Hari ini saya bersama Dandim 1204 memastikan kegiatan TMMD ini akan segera kita laksanakan. Ini adalah program Pemerintah bekerja sama dengan TNI dan tentu ada hak dan kewajiban masyarakat yang kita perhatikan karena ini sifatnya gotong royong,” ujarnya.

Ia berpesan,  kepada masyarakat untuk merelakan tanam tumbuh masyarakat pada proses pengerjaan jalan nantinya. “Kita berharap masyarakat nanti dapat mendukung kegiatan secara penuh, contohnya merelakan tanam tumbuh karena kita tidak menyediakan biaya ganti rugi serta proses penimbunan.

Semoga kegiatan TMMD ini bisa berjalan dengan baik kepada masyarakat agar mendukung secara penuh dan ini kan melibatkan banyak personil TNI dan mereka dirumahkan di rumah penduduk sehingga diharapkan masyarakat dan TNI agar dapat berinteraksi dengan baik, dan kepada para tokoh

masyarakat, bapak-ibu angkat nantinya agar dapat menjalaskan kepada anggota TNI terkait kearifan lokal, sehingga menghindari timbulnya hal-hal yang tak kita inginkan,” tutupnya.