Pemkab Kayong Utara Prioritaskan Program Air Bersih

67
Bupati Kayong Utara, Citra Duani saat sedang diwawancarai.

Sukadana (Kalbar Post) – Bupati Kayong Utara, Citra Duani mengatakan, Pemkab Kayong Utara tetap fokus pada pembangunan kebutuhan dasar masyarakat seperti air bersih. Tahun depan, Pemkab Kayong Utara akan fokus menangani rehab jaringan perpipaan dan bangunan broncep di setiap desa di Kecamatan Sukadana. Diantaranya di Desa Neng Otong, Lubuk Tapah Mentubah, Gunung Topeng, Mandi Bintang dan Gunung Sembilan.

Melalui dana APBN, lanjut Citra, Pemkab Kayong Utara akan membangun sumber air baku balaban di wilayah Melano, dengan menyediakan aggaran pembebasan lahan untuk pembangunan bangunan reservoar di Jalan Gusti Room, Amdal dan mengurus izin pemanfaatan air.

“Melalui dana alokasi khusus  (DAK), tahun depan fokus merehab jaringan pipa sumber air Sungai Buloh yang melayani jaringan air bersih di Siduk,” ujar Bupati Kayong Utara, Citra Duani.

Untuk tahun depan, Pemkab Kayong Utara akan memperogramkan bantuan bedah rumah sebanyak 90 unit dengan nilai Rp1,5 Miliar. ” Ini juga menjadi program prioritas kita” tuturnya lagi.

Fokus lain yang dilakukan adalah pembangunan Bandara Kayong Utara. “Kepulauan Karimata juga akan dapat SPBU 3T, mudah-mudahan segera terealisasi. Kta sudah mendorongnya melalui BPH Migas,” tutupnya. (jai/editor : tantra nur andi)

Komentar