Pemkab Sintang Lakukan Penandatangan Kerjasama Dengan Universitas Oso

80

Sintang, Kalbar – Pemerintah Kabupaten Sintang melakukan penandatanganan kesepakatan bersama dengan Universitas OSO tentang Tri Dharma Perguruan Tinggi, langsung di lakukan Oleh Bupati Sintang, Jarot Winarno  dan Rektor Universitas, Dede Suratman  di Pendopo Bupati Sintang, Senin, (28/3) Pagi.

Turut hadir dari Pemkab Sintang mendamping Bupati, yakni Sekda Kabupaten Sintang, Yosepha Hasnah, Kepala Bappeda Kab. Sintang, Kartiyus, Asisten 1 Setda Kabupaten Sintang, Sy. Yasser Arafat, Kadis Pendidikan & Kebudayaan Kabupaten  Sintang, Linda Azmar, Kasat Samapta Sukamto dan para kepala sekolah SMA dan unsur terkait lainnya. Sementara, dari Universitas OSO yakni, Ketua Yayasan Pendidikan OSO, Chairil Effendy, Rektor Universitas OSO Dede Suratman dan jajaran civitas Universitas OSO.

Bupati Sintang, Jarot Winarno mengatakan, bahwa berdirinya Universitas OSO ini merupakan inisiator dari salah satu tokoh Kalbar, yaitu Oesman Sapta Oedang (OSO) merupakan salah satu tokoh terbaik Kalimantan Barat, dengan membentuk Universitas yang diberi nama Universitas OSO, di mana Universitas OSO ini akan bekerjasama dengan Pemkab Sintang dalam bidang Pendidikan penelitian dan pengabdian.

Ia menambahkan, bahwa Universitas OSO ini Universitas yang berkualitas, di dalam Universitas OSO ini ada Ketua Yayasan yakni  Chairil Effendy dan Dede Suratman, dipastikan bahwa perguruan tinggi ini berkualitas.

“Dengan adanya penandatanganan Kerjasama ini diharapkan putra-putri Kabupaten Sintang banyak masuk Universitas OSO ini, apalagi ada jurusan yang terkait lingkungan, yaitu program studi biologi, di mana kabupaten Sintang merupakan Kabupaten lestari yang bergerak dibidang kelestarian, biologi,” ungkapnya.

Jarot berharap, agar Universitas OSO melakukan sosialisasi kepada sekolah di Sintang. “Saya minta ada sosialisasi-sosialisasi ke sekolah-sekolah di Sintang dari Universitas OSO,” pesan Jarot.

Sementara itu, Rektor Universitas OSO, Dede Suratman menyampaikan, ucapan terimakasih kepada Pemda Kabupaten Sintang terkait penerimaan penandatanganan Kerjasama ini. “Saya ucapkan terimakasih kepada Pemkab Sintang yang sudah menyambut baik kami, tentu dengan harapan akan terjadinya sebuah perjanjian Kerjasama berupa MoU yang ditandatangani dalam hal Pendidikan, pengajaran, pengabdian dan penelitian sesuai dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi,” ujarnya.

Ia mengatakan, Dengan penandatanganan Kerjasama ini, ke depannya akan terjalin hubungan dan Kerjasama yang saling menguntungkan, sebagaimana tercantum dalam Perguruan Tinggi kita punya Tri Dharma Perguruan Tinggi sehingga banyak hal nanti para OPD di Sintang yang akan bekerjasama dengan Universitas OSO ini akan bekerjasama mutualisme yang saling menguntungkan bagi kedua belah pihak.

Selanjutnya, dia menjelaskan, terkait kehadiran Universitas OSO di Kalimantan Barat, bahwa Universitas OSO sudah berdiri 2 tahun lalu, sekarang berada di semester ke-4.

“Sejak berdiri Universitas OSO kami mengalami kendala, yakni ditahun berdirinya itu merupakan awal pandemic, sehingga keterbatasan kami tidak bisa melakukan sosialisasi untuk melakukan penerimaan mahasiswa baru dan kali ini baru punya kesempatan untuk hadir di Sintang, saat ini, di Universitas OSO baru memiliki beberapa prodi saja, ke depannya akan ditambah lagi sesuai dengan kondisi dan situasi di Kalimantan Barat,” pungkasnya.