Pemkab Sintang Siap Bangun Hilirisasi Prouduk Sawit

14

Wakil Bupati Sintang, Askiman mengatakan perkebunan sawit yang menunjukkan perkembangan positif di Sintang, akan menerima bantuan dari pemerintah melalui hilirisasi produk.

Menurut Askiman di Sepauk terdapat 298 hektar perkebunan Sawit, jika berkembang terus sehingga mencapai ribuan hektar, maka 5 tahun ke depan dapat panen. Pemerintah akan membantu hilirisasi produk dengan skala kecil bagi tingkat desa.

“Jika hasil panen baik, dan bisa maksimal nantinya, Pemerintah bantu membelikan pabrik mini untuk pembuatan minyak dalam kemasan, ini adalah perwujudan koperasi yang kita impikan”, kata Askiman saat membuka Rapat Anggota Tahunan  (RAT),  di Langkau Balai Ruai Desa Bangun, Kecamatan Sepauk, Kamis (15/03).

Askiman mengatakan koperasi Raja Swa ini merupakan salah satu koperasi yang aktif di wilayah Kecamatan Sepauk, total koperasi di Kecamatan Sepauk ini ada 16 koperasi, ada 5 koperasi yang sudah tidak aktif, dan 11 nya koperasi yang masih aktif, salah satunya adalah koperasi Raja Swa ini.

Askiman memberikan motivasi kepada para anggota Koperasi Raja Swa agar ke depan koperasi dapat maju dan berkembang,

Ketua Koperasi Swa, Darius Anu mengatakan koperasi ini didirikan pada tahun 2014 silam dengan jumlah anggota hanya 34 orang. Awal berdiri Koperasi ini hanya memiliki 34 anggota saja, tetapi setiap tahun kita laksanakan Rapat Anggota Tahunan atau RAT. Jadi anggota semakin tahun semakin bertambah, kami sudah laksanakan RAT sebanyak empat kali, jadi jumlah total anggota koperasi Raja Swa ini sebanyak 73 anggota.

Darius berharap dengan adanya Rapat Anggota Tahunan tahun buku 2017 ini dapat memperbaiki kinerja untuk kedepannya, Ia berharap  koperasi ini  semakin berkembang.

Komentar