Pemkot Pontianak dan RTIK Gelar Pembinaan Pembuatan Website

101

Pontianak, Kalbar – Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak bekerjasama dengan Relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi (RTIK) Kota Pontianak gelar Pembinaan Pembuatan Website kepada pemuda yang tergabung dalam Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Kota Pontianak, Kamis (14/4) di Ruang Rapat Statistik Diskominfo Kota Pontianak. Hal ini dilakukan sebagai upaya menjaga publikasi positif kepada masyarakat.

Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Pontianak, Herry Noviar mengatakan, komunikasi berarti menyamakan persepsi. Untuk melakukan hal tersebut tidaklah mudah, karena harus menyatukan pandangan.

“Kalau dulu itu ada namanya Juru Penerangan yang tugasnya sama. Namun, dulu itu hanya bisa lewat tatap muka, koran ataupun radio. Sekarang sudah berkembang pesat, ada yang namanya dunia maya,” ungkapnya.

Ia berharap, agar jalannya pembinaan tersebut disimak dengan seksama. Menurut Herry diperlukan seorang ahli untuk menjaga keseimbangan informasi di tengah derasnya berita negatif.

“Saya harap adek-adek mengikuti arahan dari narasumber dengan baik. Jangan sungkan untuk bertanya dan berbagi. Semoga ada anak muda di Kota Pontianak yang terampil serta mendalami TIK ini,” harapnya.

Ketua Dewan Cabang RTIK Kota Pontianak, Edi Suprianto mengungkapkan, bahwa pembinaan ini dilaksanakan untuk mengedukasi anak muda tentang keterampilan membuat website. Dia melanjutkan, para peserta datang dari pemuda yang antusias dan memiliki semangat menyebarluaskan informasi yang tinggi.

“Kegiatan ini kita khususkan untuk KIM. Mereka datang dari banyak tempat, ada yang di KIM Mendawai, serta lainnya. Mudah-Mudahan kawan-kawan yang bergabung ini dapat membantu khususnya memberantas hoaks di masyarakat,” pungkasnya.