Peringati HUT RI, Sintang Gelar Lima Kegiatan

73

Sintang, Kalbar – Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang yang diwakili oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Syarief Yasser Arafat S Sos M Si memimpin rapat persiapan Kegiatan Peringatan Hari Ulang Tahun ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2021 di Ruang Rapat Asisten Kantor Bupati Sintang.

Ia menyampaikan bahwa Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia kali ini merupakan tahun kedua masyarakat Kabupaten Sintang merayakan peringatan ditengah pandemi COVID-19.

“Sehingga kita akan membatasi kegiatan yang akan dilakukan untuk mencegah penyebaran COVID-19. Dua tahun terakhir memang terasa berbeda dalam peringatan HUT RI. Tidak ada perlombaan ataupun perayaan yang meriah. Fokus kita pada kegiatan inti saja, tanpa mengurangi makna dari peringatan HUT RI,” kata Syarief Yasser Arafat.

Tema Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2021 adalah Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh. “Tema ini sangat terkait dengan pandemi COVID-19. Kita diharapkan tangguh menghadapi pandemi COVID-19, tetap tumbuh dan terus berkembang,” tambah Syarief Yasser Arafat.

Ia menjelaskan bahwa Pemerintah Kabupaten Sintang akan melaksanakan lima kegiatan saja. Adapun lima kegiatan tersebut adalah apel kehormatan dan renungan suci pada Senin, 16 Agustus 2021 jam 24.00 WIB di Taman Makam Pahlawan Syuhada Pertiwi, upacara mengenang detik-detik proklamasi pada Selasa, 17 Agustus 2021 jam 07.00 WIB di Halaman Kantor Bupati Sintang, mengikuti upacara detik-detik proklamasi dari Istana Negara secara virtual pada Selasa, 17 Agustus 2021jam 10.00 WIB di Pendopo Bupati Sintang.

Kemudian upacara penurunan sang saka Merah Putih pada Selasa, 17 Agustus 2021 jam 16.30 WIB di Halaman Kantor Bupati Sintang dan mengikuti upacara penurunan sang saka Merah Putih dari Istana Negara secara virtual pada Selasa, 17 Agustus 2021 jam 16.30 WIB di Pendopo Bupati Sintang.

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Dr Hendrika MSi menyampaikan bahwa selaku penanggungjawab menyiapkan pasukan pengibar bendera pusaka pihaknya sudah melakukan persiapan yang sangat baik. “Kami sudah melakukan seleksi, anggota paskibra juga sudah terpilih. Formasi barisan direncanakan sama dengan tahun lalu. Karena kita menggunakan 31 anggota paskibra. Mereka akan diasramakan selama 14 hari mengikuti pelatihan. Kami yakin 17 Agustus 2021 nanti, 31 orang anggota paskibra siap menjalankan tugas menaikan dan menurunkan bendera Merah Putih,” kata Hendrika.