Pjs Minta Masyarakat Ketungau Sukseskan Pilkada

70

Sintang, Kalbar – Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Sintang, Ir. Florentinus Anum, M. Si melakukan kunjungan kerja ke Nanga Merakai Kecamatan Ketungau Tengah pada Kamis, 5 November 2020. Dalam kunjungan kerja yang didampingi Dandim 1205 Sintang Letkol Inf Eko Bintara Saktiawan dan sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sintang. Dalam kunjungan kerja tersebut Pjs Bupati Sintang melakukan pertemuan dengan jajaran Pemerintah Kecamatan Ketungau Tengah, Forkopimcam, Panwas Kecamatan, Panitia Pemilihan Kecamatan, Kepala Desa dan undangan lainnya.
Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Sintang Florentinus Anum menyampaikan, maksud kunjungan kerjanya ke Nanga Merakai Kecamatan Ketungau Tengah, yakni untuk memastikan kesiapan Kecamatan Ketungau Tengah dalam menyiapkan pelaksanaan pilkada serentak 2020. Seluruh tahapan pilkada harus dilaksanakan sesuai aturan yang berlaku. Pilkada harus aman, tertib dan demokratis. Pilkada ini agenda nasional yang harus disukseskan. “Sebagai warga negara, menjaga keamanan dan ketertiban sudah menjadi kewajiban kita,” ungkapnya. Saat ini pilkada Sintang masih pada tahap kampanye. Penyelenggara Pilkada harus melakukan antisipasi yang baik seperti soal distribusi logistik pilkada yang sangat penting. Distribusi logistik harus tepat waktu, tepat sasaran dan tepat jumlah serta aman. Jangan sampai salah antar dan salah jumlah. “Saya minta pemerintah kecamatan pro aktif memberikan informasi pada KPU Kabupaten Sintang soal jumlah desa dan tingkat kesulitan transportasi untuk distribusi logistik. Supaya KPU bisa menyiapkan strategi dan waktu distribusi logistik yang baik. Kemungkinan curah hujan yang tinggi, banjir dan jalan yang terendam harus disiasati,” terang Florentinus Anum.

Ia minta seluruh pemerintah kecamatan, PPK dan Panwascam mewaspadai masalah yang sering muncul setiap pelaksanaan pesta demokrasi seperti kekurangan surat suara dan keamanan logistik pilkada. “Saya ingin dan meminta supaya pilkada Sintang bisa zero masalah. Maka saya minta semua elemen sama sama menjaga dan mensukseskan pilkada ini. Sehat itu hak masyarakat, maka kita sebagai penyelenggara pemilu harus memberikan hak itu dengan menerapkan seluruh protokol kesehatan pada semua tahapan pilkada,” pintanya.
Kabupaten Sintang saat ini masuk kategori zona orange atau daerah dengan resiko sedang. “Semua warga wajib waspada dan mari kita jalankan protokol kesehatan dengan disiplin supaya Sintang bisa masuk zona kuning bahkan zona hijau. Soal penanggulangan bencana banjir juga wajib kita perhatikan, kita tahu banyak kampung dan pemukiman yang berada di pinggir sungai dan daerah yang rawan banjir,” tambah Florentinus Anum. 

Dandim 1205 Sintang Letkol Inf Eko Bintara Saktiawan menyampaikan jajaran Kodim Sintang siap mendukung pelaksanaan pilkada Kabupaten Sintang. “Tahapan pilkada ini jangan sampai terjadi kondisi yang tidak aman. Mari kita berpikir global bertindak lokal. Persoalan kecilpun jangan sampai ada. Karena persoalan besar berasal dari persoalan kecil. Masalah muncul karena ada elemen yang tidak serius menjalankan tugas dan perannya,” jelasnya. Anggota TNI yang ada di seluruh kecamatan siap membantu pelaksanaan pilkada ini. “Saya sudah memberikan arahan pada anggota TNI untuk membantu penyelenggara pemilu di daerah masing-masing,” pesan Eko Bintara Saktiawan.