Polres Singkawang Hadiri Upacara Peringati Hari Bhayangkara

10

Singkawang, Kalbar – Seluruh jajaran Polres Kota Singkawang mengikuti upacara Hari Bhayangkara ke-76 secara virtual di Halaman Mapolres Kota Singkawang, Selasa (5/7). Peringatan hari Bhayangkara mengangkat tema “Polri yang Presisi Mendukung Pemulihan Ekonomi dan Reformasi Struktural untuk Mewujudkan Indonesia Tangguh-Indonesia Tumbuh”.

Pada upacara tersebut Presiden Joko Widodo menjadi inspektur upacara peringatan ke-76 Hari Bhayangkara yang dipusatkan di Akademi Kepolisian, Semarang, Jawa Tengah. Dalam amanatnya, Ia mengatakan Rakyat Indonesia menaruh harapan besar pada Polri, karena kewenangan Polri sangat besar hingga menembus sampai tingkat desa dan bersentuhan langsung dengan masyarakat.

“Dimanapun saudara-saudara bertugas, saudara selalu dalam pengamatan rakyat. Saudara-saudara selalu dalam penilaian rakyat. Rakyat menilai apakah perilaku Polri sesuai dengan harapan rakyat,” ujarnya.

Lebih lanjut, Presiden Jokowi juga menyampaikan 58,3 persen responden menyatakan bahwa tindakan Polri sudah sesuai dengan Visi Presisi berdasarkan Survey Kompas terbaru. Namun, ia mengingatkan kembali untuk tidak puas terlebih dahulu karena terdapat 28,6 persen responden menyatakan belum selesai.

“Setiap kecerobohan apapun di lapangan, sekecil apapun itu bisa merusak kepercayaan masyarakat terhadap institusi Polri. Oleh karena itu, bekerjalah dengan hati-hati. Bekerjalah dengan presisi,” pesannya.

Ia mengingatkan, bahwa tugas bersama Pemerintah dan TNI/Polri masih banyak, diantaranya penanganan pandemi Covid-19, ketidakpastian global yang menyebabkan krisis energi, pangan dan keuangan serta ancaman kejahatan berbasis teknologi terbaru.

Selain itu, ada pula agenda-agenda nasional yang harus didukung oleh Polri, diantaranya pembangunan Ibu Kota Negara (IKN), pengawalan pelaksanaan G20 serta agenda Pemilu Serentak tahun 2024.

Turut dihadiri, Sekretaris Daerah Kota Singkawang mewakili Wali Kota Singkawang, Ketua DPRD Kota Singkawang, Dandim 1202/Singkawang, Kajari Kota Singkawang, Danbelneg Rindam XII Tpr Singkawang Danyon Raider 641 Beruang, Kepala Staff Brigif 19 Khatulistiwa dan undangan lainnya.