Promosi Singkawang Sebagai Kota Pariwisata Melalui Film Edukasi

62

Singkawang, Kalbar – Wali Kota Singkawang menyaksikan film edukasi berjudul “Sihebat Menggapai Impian” karya Equaly Film bersama Team Creative Matahari di ruang rapat Wali Kota Singkawang, jumat, (18/2). Film ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat tentang pemanfaatan dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) untuk berbagai macam pembangunan yang telah direalisasikan di Kota Singkawang.

Pemerintah Kota (Pemkot) Singkawang telah melakukan berbagai upaya agar pemerataan pembangunan infrastruktur jalan di beberapa tempat di Kota Singkawang dapat memberikan manfaat kepada masyarakat. Upaya ini juga menjadi salah satu fokus pemerintah untuk membantu melancarkan usaha dan meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar.

Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie menyampaikan, apresiasinya atas pembuatan film edukasi ini. Ia menilai pembuatan film edukasi ini merupakan salah satu bentuk inovasi yang dapat membantu masyarakat untuk terus memantau kinerja Pemerintah Kota Singkawang. Ia berharap pesan pada film ini dapat dilihat dan ditangkap oleh masyarakat untuk melihat sejauh mana perkembangan realisasi pembangunan Kota Singkawang melalui pemanfaatan dana PEN ini.

“Filmnya dieksekusi dengan sangat baik sehingga hasilnya pun luar biasa bagus, penyampaiannya menarik dan lucu dengan membawa budaya-budaya khas dan gambaran kehidupan masyarakat yang ada di Kota Singkawang,” ujarnya.

Ia menjelaskan, bahwa mungkin selama ini, ada beberapa masyarakat yang bertanya apa itu dana PEN dan bagaimana pemerintah memanfaatkannya untuk berbagai macam pembangunan di Kota Singkawang ini. Melalui film ini, masyarakat jadi lebih mengerti alasan adanya pemanfaatan dana PEN ini. “Intinya adalah untuk menunjang kehidupan masyarakat dan sekaligus mendorong pertumbuhan perekonomian masyarakat agar semakin sejahtera,” katanya.

Ia mengatakan, film edukasi ini nantinya akan disebarluaskan sehingga dapat disaksikan juga oleh masyarakat di media-media pemerintah, baik melalui website Pemerintah Kota Singkawang ataupun media sosial yang ada.

Sementara itu, salah satu pemeran dalam film edukasi ‘SiHebat Menggapai Impian’ Hari Suwandi mengatakan, film ini merupakan salah satu bentuk ucapan terimakasih masyarakat kepada Pemerintah Kota Singkawang atas pembangunan infrastruktur yang telah dilakukan.

“Pembuatan film ini memakan waktu sekitar 2-3 bulan lamanya. Dimana film ini merupakan bentuk ucapan terimakasih dari masyarakat kepada Pemkot Singkawang terhadap pembangunan infrastruktur, sehingga masyarakat dapat terbantu dalam meningkatkan ekonomi masyarakat,” ujarnya.

Ia menambahkan, melalui film ini juga pihaknya selaku perwakilan dari masyarakat Kota Singkawang sangat mengapresiasi upaya dan perhatian Pemerintah Kota Singkawang. Ia berharap pembangunan-pembangunan tersebut dapat benar-benar bermanfaat dan meningkatkan kesehjahteraan masyarakat Kota Singkawang.

“Film ini kami persembahkan kepada Pemerintah dan masyarakat Kota Singkawang supaya bisa menjadi hiburan. Selain itu, agar dapat mengedukasi masyarakat atas hasil pembangunan selama ini. Jadi, kami bermusyawarah bersama tim memikirkan bagaimana cara menyampaikan bentuk-bentuk pembangunan di Kota Singkawang melalui film pendek ini. Sekaligus juga mempromosikan Kota Singkawang sebagai Kota Pariwisata,” tutupnya.