Resmikan GPIB, Harap Iman Jemaat Semakin Kuat

68

Sanggau, Kalbar – Wakil Bupati Sanggau, Yohanes Ontot menghadiri peresmian dan penahbisan Gereja Protestan di Indonesia bagian Barat (GPIB) Jemaat “Ora Etlabora” Semunte, Desa Kelompu, Kecamatan Kembayan, Kabupaten Sanggau, Minggu, (13/2).

Yohanes Ontot mengatakan, membangun Gereja bukan perkara yang mudah, pasalnya membangun Gereja itu membutuhkan kebersamaan dan membutuhkan kekompakan. “Cita-cita jemaat (umat) dalam membangun rumah Tuhan harus terwujud dengan umat yang kompak,” ujarnya.

Selain kekompakan jemaat (umat), ia juga sering menyampaikan, kepada masyarakat, bahwa Pemerintah Kabupaten Sanggau selalu mendukung kegiatan keagamaan di Kabupaten Sanggau. “Pemerintah harus ambil bagian. Kerena, sesuai dengan visi, misi Pemerintah Kabupaten Sanggau saat ini, yaitu mewujudkan Sanggau yang Berbudaya dan beriman (Budiman),” katanya.

Dia juga mengatakan, bantuan pemerintah untuk membantu pembangunan rumah ibadah tersebut sifatnya proporsional. “Apapun rumah ibadahnya, apakah itu Gereja Katolik, Gereja Kristen Protestan maupun Masjid tetap menyesuaikan dengan jumlah umat. Tidak mungkin nominal bantuannya besar, tapi umatnya sedikit, atau sebaliknya. Tentunya juga sesuai dengan kemampuan pemerintah,” terangnya.
Tak hanya itu, ia mengucapkan, selamat kepada Jemaat GPIB Semunte atas peresmian dan penahbisan gedung gereja tersebut dan berpesan kepada Jemaat agar rumah Tuhan dirawat dengan baik.
“Rawatlah rumah Tuhan ini, semoga iman jemaat di GPIB ini juga semakin kuat untuk Sanggau Berbudaya dan Beriman.Yakinlah, jika ada simbol-simbol Gereja ini, umatnya pasti damai,” tuturnya.

Selanjutnya, ia menghimbau kepada masyarakat di Dusun Semunte agar tetap waspada di masa pandemi Covid-19 yang sampai hari ini belum kunjung selesai.
“Selalu pakai masker, sering-sering cuci tangan dan yang tak kalah penting juga adalah, ayo dukung vaksinasi untuk menangkal virus Covid-19. Saya sudah vaksin ketiga. Karena saya juga golongan lanjut usia (lansia). Yang belum vaksin, segera vaksin,” pungkasnya.