Ronny Iswandi Apresiasi Sosialisasi Pembinaan Seni Budaya

76

Kayong Utara, Kalbar – Assisten II Bidang Ekonomi dan Kesejahteraan Rakyat Sektretaris Daerah Kabupaten Kayong Utara, Ronny Iswandi menghadiri kegiatan sosialisasi pembinaan seni budaya, bertempat di aula Bank Kalbar, Sukadana, Kamis (31/3).

Ronny Iswandi mengatakan, seni budaya ialah sebagai pemersatu bangsa, hal ini sejalan dengan pasal 32 ayat 1 Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 yang berbunyi, negara memajukan kebudayaan nasional ditengah-tengah peradapan dunia, dengan menjamin kebebasan masyarakat dalam memelihara dan mengembangkan nilai-nilai budayanya.

“Seni budaya merupakan bagian paling utama dalam menjalankan kehidupan berbangsa dan bernegara. Oleh karena itu, pergelaran seni budaya ini bukan semata untuk di tonton, Tapi di dalam seni budaya itu terkandung nilai-nilai kebersamaan, kekompakan dan keserasian sehingga menciptakan sesuatu yang indah,” ujarnya.

Ia menambahkan, kesenian tradisional harus tetap dilestarikan di berbagai daerah. Karena, Kesenian tradisional  juga harus dijaga jangan sampai punah dengan memberikan kesempatan pada seni budaya tradisional untuk berkembang.

Ia berharap, kegiatan sosialisasi pembinaan kebudayaan dapat dijadikan wahana untuk menumbuhkan semangat dan memotivasi dalam upaya menggali, melestarikan dan mengembangkan nilai-nilai budaya yang hidup dan tumbuh serta berkembang di dalam kehidupan masyarakat.

“Saya memberikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan sosialisasi pembinaan seni budaya sebagai perekat persatuan dan kesatuan bangsa dalam mendukung budaya kearifan  lokal yang ada di Kabupaten Kayong Utara,” pungkas Ronny.