Rumah Betang Dioperasionalkan, Ini Kata Sekda Sintang

209

Sintang, Kalbar – Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang,  Yosepa Hasnah, turut hadir pada launching operasional Betang Kabupaten Sintang di Desa Jerora Satu Kecamatan Sintang pada Selasa (1/3).

Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang yang juga penanggungjawab Launching Operasional Betang Kabupaten Sintang menyampaikan, beroperasinya Rumah Betang tersebut sudah lama didambakan oleh masyarakat Suku Dayak Kabupaten Sintang.

“Kami sangat berterima kasih kepada jajaran Pemkab Sintang yang sudah membangun Betang ini. Mulai dari Kepemimpinan Bupati Sintang Milton Crosby sampai dr. H. Jarot Winarno serta DPRD Kabupaten Sintang yang secara konsisten mengakomodir dana pembangunan Rumah Betang ini,” terang Yosepha Hasnah.

Rumah  Betang mulai dibangun sejak tahun 2015, namun belum semua fasilitas selesai dibangun. Masih ada pekerjaan yang harus dilakukan hingga selesai. Seperti penataan halaman, pagar dan yang lain untuk diselesaikan. “Oleh sebab itu, kami mengharapkan agar penyelesaian fasilitas pendukung bisa dilakukan dengan menyesuaikan kondisi keuangan Pemkab Sintang,” terang Yosepha Hasnah.

Ia mengharapkan, dengan launching operasional rumah Betang, masyarakat bisa menggunakan dengan baik untuk kegiatan adat istiadat dan budaya sudah bisa dilaksanakan di sini. Namun, harus tetap melaksanakan protokol kesehatan secara ketat. “Launching ini sudah dinantikan, kami sudah menyiapkan sejak 3 bulan yang lalu dengan membersihkan Betang dan menata halaman. Terima Kasih kepada Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Kabupaten Sintang yang sudah membangun Betang ini. Terima kasih Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Sintang yang sudah menyiapkan launching ini,” terang Yosepha Hasnah.

Launching Operasional ditandai dengan penggunting pita oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang,  Yosepa Hasnah. Penyerahan Secara Simbolis Kunci Rumah Betang dari Stephen Saroenandus, ST Kabid Penyehatan Lingkungan dan Tata Bangunan Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Kabupaten Sintang kepada Bupati Sintang, Jarot Winarno, untuk selanjutnya diserahkan kepada Hendrika, Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Sintang selaku pengelola Rumah Betang Kabupaten Sintang.