Satgas Covid-19 Kubu Raya Targetkan 100% Vaksinasi

30

Kubu Raya, Kalbar – Satuan Gugus Tugas (Satgas) Covid-19 Kabupaten Kubu Raya gelar rapat dan sepakat manfaatkan bulan suci Ramadan dalam mengejar target capaian vaksinasi 100 persen, Jumat (8/4) siang di ruangan Rapat Praja I. Rapat yang dipimpin langsung Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan didampingi Dandim 1207 Pontianak Kolonel Arm Hendra Reza, Kapolres Kubu Raya AKBP Jerrold HY Kumontoy dan Ketua DPRD Agus Sudarmansyah ini diawali dengan pemaparan target capaian vaksinasi di daerah Kubu Raya yang disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Marijan. 

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kubu Raya Marjan mengatakan, capaian vaksinasi Covid-19 di Kubu Raya untuk dosis pertama sebanyak 331.719 orang atau 76,67 persen, dosis kedua sebanyak 247.084 orang atau 57,10 persen dan untuk dosis ketiga (booster) sebanyak 31.283 orang atau 7,23 persen dari 432.686 sasaran vaksinasi. 

 “Untuk pelayanan vaksinasi Covid-19 tetap kita laksanakan selama bulan Ramadan, bahkan kita terus melakukan berbagai upaya untuk mengejar capaian vaksinasi Covid-19 di Kubu Raya,” jelasnya.

Marijan menuturkan, selama Ramadan ini, pihaknya telah melaksanakan vaksinasi untuk dosis pertama hingga ketiga dengan jenis Sinovac, Moderna, Pfizer, dan Covovax di Gaia Mall Kubu Raya.

 “Untuk memaksimalkan layanan vaksinasi bagi lansia, kami juga melaksanakan kompetisi Pahlawan Lansia Siap (Semangat Dapat Vaksinasi Lengkap) mengingat capaian vaksin untuk lansia kita masih rendah,” tuturnya.

Kapolres Kubu Raya AKBP Jerrold HY. Kumontoy mengatakan, capaian vaksinasi di Kabupaten Kubu Raya masih rendah, hal itu sesuai dengan ujik petik yang dilakukan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo. 

“Dengan digelarnya rapat Satgas Covid ini, kami ingin meminta dukungan kepada semua pihak agar kita bisa tetap berakselerasi dan meningkatkan koordinasi agar capaian vaksinasi Covid-19 dosis pertama dan kedua harus bisa tercapai 100 persen pada bulan Juni mendatang dan ini sesuai dengan permintaan Presiden bukan Kapolres,” ujarnya.

Ia  menambahkan, untuk mencapai target capaian vaksinasi, tentunya ada strategi yang harus dilakukan. ” Jangan hanya puas dengan capaian vaksinasi 70 persen saja, namun harus digenjot terus agar bisa mencapai 100 persen di bulan Juni mendatang. Kalau perlu capaian 100 persen vaksinasi ini harus terus kita pacu, agar yang menjadi keinginan pemerintah bisa terwujudkan,” harapnya.

Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan mengatakan, Pemerintah Kubu Raya akan terus melakukan percepatan capaian 100 persen vaksinasi dengan memaksimalkan dan memanfaatkan di bulan suci Ramadhan. “Dengan memberikan pelayanan vaksinasi yang ditempatkan di masjid-masjid usai melaksanakan Salat Tarawih. Saat ini kita sedang menyusun jadwalnya dan Insya Allah malam Sabtu vaksinasi sudah bisa dilaksanakan,” ungkapnya.

 Bupati Muda menyampaikan, pelayanan vaksinasi di masjid-masjid ini dilakukan untuk mempermudah masyarakat untuk mendapatkannya, sehingga masyarakat tidak perlu lagi menunggu untuk mendapatkan vaksin pertama, kedua maupun ketiga.

 “Jadi kami mengharapkan masyarakat memanfaatkan peluang pelayanan vaksinasi  ini. Karena nantinya pelayanan vaksinasi  akan kita tempatkan di depan atau di samping masjid,” ujarnya.

 Ia menuturkan, saat ini warga ingin melakukan perjalanan ke luar daerah, harus dilakukan vaksin ketiga.  “Jika belum vaksin ketiga harus di swab PCR. Makanya kami minta jangan mudah percaya dengan adanya informasi yang mengatakan tanpa divaksin bisa mendapatkan sertifikat vaksin. Saya minta masyarakat jangan mudah percaya,” pungkasnya.