Sebanyak 190 Usulan Program Pembangunan diajukan Dalam Musrenbang

129

Sekadau, Kalbar – Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) RKPD Kabupaten tingkat Kecamatan Belitang Hulu Kabupaten Sekadau secara resmi digelar di gedung Pertemuan Umum Balai Sepuak Kecamatan Belitang Hulu, Senin, (14/2).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Asisten Administrasi Umum Setda Kabupaten Sekadau Nurhadi, Plt.Kadis Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sekadau Suryadi, Plt.Camat Belitang Hulu Evodius, serta Forkopimcam Kecamatan Belitang Hulu.

Asisten Administrasi Umum Setda Kabupaten Sekadau yang sekaligus sebagai Plt Kepala Bappeda Litbang Kabupaten Sekadau Nurhadi mengatakan, sebelum penyusunan rancangan akhir RKPD, Kepala Bappeda harus melaksanakan Musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) sesuai amanat Undang-undang nomor 25 tahun 2004 tentang perencanaan pembangunan nasional yang dimulai dengan pelaksanaan Musrenbang desa dan kecamatan.

“Musrenbang itu sendiri merupakan forum antar pemangku kepentingan yaitu pihak-pihak yang langsung atau tidak langsung mendapatkan manfaat atau dampak dari perencanaan dan pelaksanaan pembangunan daerah dalam rangka menyusun rencana pembangunan daerah,” ujarnya

Sebagai sebuah proses rutin tahunan, Musrenbang berusaha menangkap aspirasi dan kebutuhan masyrakat sesuai dengan situasi, kondisi dan pembangunan terkini.

“Musrenbang juga dapat dijadikan media perencanaan pembangunan bagi seluruh stakeholder dalam rangka penyusunan RKPD. Disamping itu, pelaksanaan Musrenbang ini juga menjadi media interaktif bagi seluruh masyarakat di Kecamatan guna mendukung implementasi program dan kegiatan pada tahun anggaran berikutnya,” ungkapnya.

Di kecamatan Belitang Hulu terdapat sebanyak 13 desa dengan status indeks desa membangunnya di tahun 2021 adalah untuk desa maju sebanyak 2 desa, desa berkembang sebanyak 9 desa dan masih terdapat 2 desa dengan idm sebagai desa tertinggal.

Dalam kegiatan Musrenbang tingkat Kecamatan Belitang Hulu tersebut terdapat sebanyak 190 usulan program pembangunan yang diajukan dari 13 desa yang ada di Kecamatan Belitang Hulu tersebut. Untuk prioritas pembangunan tahun 2023 ialah penguatan infrastruktur dasar sebagai penunjang konektivitas, peningkatan perekoniam daerah serta mitigasi bencana.

Selanjutnya, meningkatkan indeks desa membangun di Kabupaten Sekadau, selain itu, peningkatan kualitas sumber daya manusia melalui peningkatan akses mutu pendidikan serta pelayanan kesehatan. Prioritas pembangunan selanjutnya adalah peningkatan tata kelola Pemerintah kabupaten Sekadau, dan prioritas berikutnya adalah optimalisasi sub sektor perkebunan, pertanian dan perikanan serta perdagangan di Kabupaten Sekadau.