Sebar 1.200 Tanaman di Bukit Kelam

15

Sintang, Kalbar – Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sintang, Akhmad Darmanata mengatakan, sebanyak 1.200 tanaman sudah disebar di kawasan Bukit Kelam. Penyebaran ini, sebagai upaya menjaga kelestarian alam di bukit tersebut. “Harapan kami, 70 persen dari keseluruhan tanaman tersebut tumbuh dan berkembang. Tim LH akan terus memonitoring tanaman-tanaman itu,” kata Darmanata, saat peringatan hari lingkungan hidup sedunia, di Desa Merpak Kelam Permai.

Dikatakan Darmanata, peringatan hari lingkungan hidup sedunia ini di peringati lebih dari 100 negara di dunia ini setiap tanggal 5 Juni, yakni untuk memfocuskan perhatian pada lingkungan. “Agenda pentingnya ialah mengajak semua pihak untuk terlibat dalam isu-isu lingkungan,” katanya. Dikatakan dia, hari lingkungan hidup sedunia tahun ini mengusung tema connect with nature, yang memiliki misi mengajak penduduk bumi berinteraksi dengan alam, mengenali dan menikmati keindahan alam. Sehingga tergeraklah keinginan untuk melindungi bumi.

Bupati Sintang, Jarot Winarno mengajak masyarakat Kabupaten Sintang secara khusus masyarakat  Kecamatan Kelam Permai, terutama Desa Merpak untuk menjaga kelestarian alam. “Jadi kita harus bisa

mencintai lingkungan dan alam, dengan cara menjaga kelestarianya,” ajak Jarot.

Dikatakan Jarot, sejak zaman nenek moyang dahulu, sudah diajarkan kearifan lokal, yang selalu mengingatkan pentingnya hubungan yang seimbang, antara manusia lingkungan.

Komentar