Sekda Kayong Utara Harap Pilkades Berlangsung Tanpa Konflik

45

Kayong Utara, Kalbar – Sekretaris Daerah Kabupaten Kayong Utara, Hilaria Yusnani menyampaikan, bahwa Pilkades serentak tahun 2022 direncanakan akan berlangsung pada bulan Oktober mendatang saat pelatihan dan pembekalan panitia Pilkades, di Mahkota Hotel, Sukadana, Rabu (13/4).

Hilaria menekankan, pentingnya netralitas panitia Pilkades yang telah terbentuk guna mencegah terjadinya konflik.

 ‚ÄúPanitia yang telah terbentuk ini harus netral, tidak boleh memihak peserta manapun, kemudian mentaati aturan yang telah ditetapkan, supaya tidak ada potensi konflik di daerah tersebut, serta mengawal secara ketat seluruh rangkaian Pilkades serentak. Diharapkan Pilkades yang berlangsung ini tanpa konflik itu yang sangat penting sekali,” ucapnya.

Kepala Dinas SP3APMD melalui Kapala Bidang Pemerintahan Desa Dinas SP3APMD, Akhmad Syapi’i menyebutkan, sebanyak 27 desa di Kabupaten Kayong Utara yang melaksanakan Pilkades tahun ini.

“Pilkades dari se-Kayong Utara ini ada 27 desa. Insyaallah dari 43 desa, 27-nya melaksanakan Pilkades, yakni lebih dari 50 persen lah yang melaksanakan Pilkades,” tuturnya.

Ia memastikan, bahwa pihaknya telah memberikan surat keputusan (SK) kepada 27 Desa yang akan melaksanakan Pilkades serentak.

“Dari 27 desa ini sudah kami SK-kan di Kecamatan Seponti itu ada 2 desa, Kecamatan Teluk Batang ada 7 desa, Kecamatan Sukadana ada 7 desa, Kecamatan Kepulauan Karimata ada 2 desa, Kecamatan Pulau Maya itu ada 5 desa, dan di Kecamatan Simpang Hilir ada 4 desa,” ungkapnya.

Berdasarkan surat keputusan Bupati Kayong Utara Nomor 104/SP3APMD-IV/II/2022, tanggal 22 Februari 2022 tentang penetapan desa-desa yang melaksanakan Pemilihan Kepala Desa serentak tahun 2022.

Kecamatan Sukadana meliputi Desa Sutera, Pangkalan Buton, Sejahtera, Simpang Tiga, Benawai Agung, Pampang Harapan, dan Riam Berasap Jaya. Kemudian, di Kecamatan Simpang Hilir, Desa Sungai Mata-Mata, Batu Barat, Pulau Kumbang, dan Matan Jaya. Selanjutnya, Kecamatan Teluk Batang di Desa Mas Bangun, Alur Bandung, Teluk Batang, Sungai Paduan, Banyu Abang, Teluk Batang Selatan, dan Teluk Batang Utara. Lalu, Kecamatan Pulau Maya di Desa Tanjung Satai, Kamboja, Dusun Kecil, Dusun Besar dan Satai Lestari. Sedangkan di Kecamatan Seponti ada di Desa Seponti Jaya dan Podorukun serta Kecamatan Kepulauan Karimata di Desa Betok Jaya dan Desa Padang.