Sekda Kubu Raya Ajak Korpri Tingkatkan Pelayanan

108

Kubu Raya – Sekretaris Daerah Kabupaten Kubu Raya Yusran Anizam mengajak seluruh anggota Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) untuk meningkatkan pengabdian di pemerintahan dengan menekankan pentingnya tiga aspek profesional untuk selalu dilakukan oleh seluruh anggota Korpri.

“Saya ingatkan kepada seluruh anggota Korpri meningkatkan profesionalitas dengan menerapkan tiga aspek profesional. Aspek pertama adalah meningkatkan pengetahuan dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab serta amanah, karena untuk di birokrasi, yang pertama adalah menguasai peraturan perundang-undangan,” kata Yusran saat memimpin upacara hari Ketahanan Nasional di halaman Kantor Bupati Kubu Raya, Senin.

Yusran menjelaskan, peraturan perundang-undangan menjadi sumber utama dari pengetahuan anggota Korpri, dalam memaksimalkan tugas dan tanggung jawab.

“Untuk itu, mari kita kuasai peraturan perundang-undangan di bidang kita masing-masing. Usahakan kita yang paling tahu terkait dengan peraturan perundang-undangan di sektor kita. Kita harus menjadi kamus berjalan terkait dengan peraturan perundang-undangan di sektor kita,” tuturnya.

Aspek kedua, lanjut Yusran, terus meningkatkan keterampilan. Caranya dengan sering melakukan kegiatan-kegiatan yang terkait dengan tugas dan tanggung jawab masing-masing.

“Bukan pimpinan yang mencari kita melainkan usahakan kita yang mencari pimpinan untuk minta tugas dan tanggung jawab, dengan demikian keahlian akan terus terasah dan kita akan tampil. Banyak staf yang punya kemampuan luar biasa tetapi karena jarang tampil sehingga tidak diketahui oleh pimpinan,” kata Yusran.

Aspek ketiga, sambungnya, terkait dengan sikap perilaku. Ia menyebut banyak contoh sumber daya manusia yang berkualitas unggul tetapi karena sikap dan peri lakunya tidak sejalan dengan birokrasi di mana dia bertugas maka potensi tersebut akan tenggelam juga.

“Banyak contoh. Karena itu, saya berharap kita semua bisa menjaga sikap perilaku kita di birokrasi ini. Bagaimana perlakuan kita terhadap atasan, bagaimana hubungan kita secara koordinatif ke samping, ke belakang, dan ke depan. Kemudian bagi pejabat struktural bagaimana sikap perilaku terhadap bawahan,” tuturnya.

Yusran Anizam mengajak seluruh anggota Korpri untuk terus menjalin hubungan yang kuat ke semua lini. Sehingga kuat pula dalam satu tim kerja di jajaran pemerintah kabupaten.

“Dengan tim yang kuat ini apa yang menjadi tugas tanggung jawab kita akan lebih ringan kita lakukan. Dan ini akan menjadi motor penggerak yang luar biasa untuk mencapai target visi misi dibentuknya Kabupaten Kubu Raya ini, visi misi bupati dan wakil bupati, dan harapan serta cita-cita seluruh masyarakat Kubu Raya,” katanya.