Sekdis Kominfo Singkawang Tutup Pelatihan VSGA Batch I

15

Singkawang, Kalbar – Pelatihan Vocational School Graduate Academy (VSGA) Batch I yang dilaksanakan lima hari telah berakhir. VSGA Batch I resmi ditutup oleh Sekretaris Dinas Kominfo Singkawang, Istri Handayani di Hotel Swiss -Belinn, Jumat (17/6). Sebanyak 56 dari 75 orang target peserta mengikuti pelatihan ini apabila telah dinyatakan lulus seleksi administrasi dan seleksi substansi.

Kemudian, masing-masing peserta diminta untuk memilih 1 (satu) skema pelatihan VSGA yang ditawarkan. Adapun skema-skema pelatihan ini bertujuan untuk mencetak talenta-talenta dalam bidang teknologi digital, diantaranya Junior Graphic Designer, Junior Network Administrator dandata Management Staff.

Sekretaris Dinas Kominfo Singkawang, Istri Handayani menyampaikan ucapan terima kasih kepada BBPSDMP Kominfo Medan atas pembekalan ilmu yang dibagikan kepada setiap peserta pelatihan. Ia berharap ilmu-ilmu yang diberikan bermanfaat dan berguna untuk keperluan masing-masing peserta.

“Terimakasih kepada BBPSDMP Kominfo Medan yang sudah kesekian kalinya semenjak tahun 2016 bekerjasama dengan Pemerintah Kota Singkawang. Mudah-mudahan, kegiatan pelatihan yang diikuti selama beberapa hari ini benar-benar bermanfaat,” ungkap dia.

Dia berpesan, agar calon-calon peserta pelatihan VSGA Batch II nantinya jauh lebih proaktif dalam menggali informasi pelatihan dan serius mengikuti setiap tahapan pelatihan.

“Para peserta pelatihan tidak dipungut biaya untuk mengikuti pelatihan ini, sayang kalau disia-siakan ilmu nya. Karena suatu saat bekal ilmu yang diberikan pasti akan bermanfaat. Untuk itu, para calon peserta VSGA Batch II diharapkan proaktif menggali informasi dan serius mengikuti setiap pelatihan yang diberikan,” pesannya.

Di akhir acara, setiap peserta yang dinyatakan lulus uji kompetensi dan selesai mengikuti setiap tahapan bimbingan teknis mendapatkan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI). SKKNI merupakan sertifikasi berbasis kompetensi nasional dimana yang bersangkutan dinyatakan telah mengikuti pelatihan dan memiliki kemampuan.

Salah seorang peserta VSGA Batch I, Remianda  mengapresiasi Dinas Kominfo Singkawang bersama BBPSDMP Kominfo Medan yang telah memfasilitasi dan memberikan kesempatan bagi masyarakat Kota Singkawang untuk semakin berkembang dan melek digital.

“Selama 5 (lima) hari ini ternyata banyak sekali dibagikan ilmu-ilmu yang tidak saya dapatkan di sekolah. Berkat pelatihan jadi bertambah wawasan digital saya yang dapatkan. Tentunya, saya sangat bersyukur bisa mengikuti setiap kegiatan pelatihan VSGA dan bisa mendapat teman-teman baru sambil berbagi ilmu,” ungkapnya.

“VSGA ini salah satu kegiatan yang mengangkat atau menjadikan Kota Singkawang semakin hebat.  Karena melalui kegiatan-kegiatan pelatihan seperti ini menjadikan SDM-SDM Kota Singkawang semakin baik kedepannya. Ini sangat baik bagi kami kaum anak-anak muda,” imbuh dia.