Sidak Paska Lebaran, 80 Persen ASN Masuk

13

Sintang, Kalbar – Paska libur lebaran, Bupati Sintang Jarot Winarno melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke 15 Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Senin 17 Mei 2021. Hasil sidak menunjukan bahwa tingkat kehadiran Aparatur Sipil Negara (ASN) di 15 OPD tersebut sudah sangat baik yakni mencapai rata-rata 90 persen. Sisanya ada yang sedang bertugas di lapangan dan izin.

Sidak dipimpin oleh tiga tim. Bupati Sintang Jarot Winarno sidak ke Kantor Camat Sintang, Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Sintang, Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Kabupaten Sintang, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Sintang dan Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Sintang. Kemudian, Wakil Bupati Sintang Sudiyanto sidak ke Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kabupaten Sintang, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sintang, Puskesmas Tanjungpuri, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Sintang, dan Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Senentang.

Sementara Sekda Sintang Yosepha Hasnah memimpin sidak ke Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Sintang, Dinas Perhubungan Kabupaten Sintang, Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Sintang, UPTD Puskesmas Sungai Durian dan Kelurahan Ladang. Bupati Sintang Jarot Winarno menyampaikan tingkat kehadiran lima OPD yang dilakukan sidak sudah mencapai diatas 80 persen. “Tingkat kehadiran sudah bagus. Hanya saja tingkat produktivitas kerjanya belum tahu. Yang pasti, tingkat kehadiran di hari pertama pasca libur dan cuti bersama ini sudah lumayan,” katanya.

Sementara Wakil Bupati Sintang Sudiyanto mengatakan, sidak dilaksanakan sambil mengingatkan ASN soal penerapan protokol kesehatan. “ Kita juga juga melihat tingkat kehadiran ASN pasca cuti dan libur Idul Fitri. Hasilnya, mereka sudah hadir. Bahkan sudah ada OPD yang langsung melaksanakan apel pagi, pelayanan kepada masyarakat juga sudah berjalan baik,” ungkapnya.

Sekda Sintang, Yosepha Hasnah mengatakan yang tidak hadir dalam sidak adalah ASN yang melaksanakan piket di posko-posko yang ada. Ada juga yang izin karena isolasi mandiri. “Bagusnya tingkat kehadiran ASN ini menurut saya dikarenakan adanya kebijakan larangan mudik, cuti bersamanya hanya satu hari. Ini sangat bagus dan efektif mencegah ASN melakukan perjalanan sehingga bisa masuk tepat waktu,” kata Yosepha.