Wabup Effendi Harap Momen Harkitnas Dapat Memperkuat Presidensi  G20

78

Kayong Utara, Kalbar  – Pemerintah Daerah Kabupaten Kayong Utara melaksanakan Upacara Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-114 di Tahun 2022 bertempat di Halaman Kantor Bupati, Sukadana, Jumat (20/5). Hari Kebangkitan Nasional yang ke-114 mengusung tema Ayo Bangkit Bersama sebagai bentuk seruan agar bangkit bersama dari pandemi Covid-19 yang sudah melanda dua tahun terakhir.

Wakil Bupati Kayong Utara, Kalimantan Barat, Effendi Ahmad menyampaikan, dalam Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ini, hendaknya tidak hanya maknai sebagai seremonial saja, melainkan bisa memahami esensi sejarah kebangkitan Nasional.

“Mari sejenak kita telaah sisi historis di balik Peringatan Hari Kebangkitan Nasional. Semangat persatuan yang digagas oleh Boedi Oetomo diharapkan menjadi spirit dalam menghimpun kekuatan dan mencegah perpecahan bangsa,” ujarnya.

Ia mengungkapkan, bahwa semangat Boedi Oetomo masih relevan untuk kontekstualisasikan pada kehidupan berbangsa saat ini. “Di tengah krisis pandemi Covid-19 dan konflik Ukraina-Rusia yang menyebabkan kondisi ekonomi global serta geopolitik menjadi tidak stabil, kita patut memaknai kebangkitan Nasional sebagai upaya kolektif bangsa untuk memperkuat persatuan bangsa,” tutur Effendi.

Menurutnya, dalam penangan Covid-19 yang sudah membaik berimplikasi pada berangsur kembalinya aktivitas masyarakat secara normal. Maka secara perlahan, hal ini mendorong pemulihan perekonomian nasional. “Mari terus kita bekerja keras dan bersinergi menjaga, mempertahankan dan meningkatkan perekonomian Nasional Indonesia,” ungkapnya.

Ia berharap, momentum yang baik ini semakin diperkuat dengan peran Indonesia sebagai Presidensi  G20 tahun 2022. “Pertemuan G20 yang dipimpin oleh Indonesia tahun ini, mengangkat tema dan isu prioritas sebagai cerminan dari semangat kebangkitan yang kita rayakan pada hari ini. Di mana Penanganan nasional Covid-19 yang makin membaik dan Presidensi G20 Indonesia, hendaknya kita dapat memaknai semangat pantang menyerah dr. Sutomo untuk memperingati Hari Kebangkitan Nasional tahun ini sebagai tonggak kebangkitan dari pandemi Covid-19 juga krisis multidimensi yang sedang melanda dunia,” tutupnya.