Wako Edi Kamtono Pantau Pembangunan Masjid Nurul Amin

37

Pontianak, Kalbar – Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono mengapresiasi desain arsitektur Masjid Nurul Amin, Jalan Karet Komplek Karet Indah AB, Kelurahan Sungai Beliung, Kecamatan Pontianak Barat. Pasalnya, desain yang dirancang untuk pembangunan masjid tersebut berbeda dari masjid umumnya.
“Desain masjid yang dibuat ini kalau saya lihat bentuknya kontemporer dan minimalis karena bentuk arsitekturnya berbeda dengan masjid umumnya yang biasa memiliki kubah seperti di Timur Tengah,” ujarnya usai meletakkan batu pertama pembangunan Masjid Nurul Amin, Rabu, (2/2).

Pada umumnya, masyarakat melihat kekhasan masjid adalah adanya kubah dan bulan bintang. Berbeda dengan Masjid Nurul Amin yang bergaya kontemporer dengan ornamen-ornamen Islami sehingga menjadikannya berbeda dengan bangunan-bangunan di sekitarnya. Ia menilai desain seperti Masjid Nurul Amin ini menjadi sebuah terobosan baru karena setidaknya masjid tidak harus sama dengan masjid lainnya. Tetapi tetap harus ada ornamen-ornamen Islami yang memperindah bangunan masjid.

Ia meminta panitia pelaksana pembangunan agar melaksanakan perencanaan hingga pembangunan dengan matang dan bisa selesai dengan sukses sehingga bisa segera difungsikan. “Pemerintah Kota Pontianak akan membantu untuk pembiayaan pembangunan masjid ini,” tutupnya.