ASN Jangan Banyak Mengeluh

50
Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan.

Kubu Raya, Kalbar – Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan mengingatkan para ASN di lingkungan pemerintahnya untuk tidak banyak mengeluh dan fokus pada apa yang dikerjakan. Nikmati betul prosesnya. Jangan sedikit-sedikit cerita (curhat). “Tidak layak kalau ASN itu curhat sama rakyat, rakyat yang seharusnya curhat sama ASN,” katanya.

Muda mengingatkan, agar ASN semangat. Kalau loyo masyarakat akan lebih loyo lagi. Kalau semangat, masyarakat akan terus optimistis dan semangat juga. Pemerintah Kabupaten Kubu Raya hadir untuk memperbaiki kualitas kehidupan masyarakat setempat, karena itu yang diurus oleh pemerintah daerah adalah seluruh rumah tangga yang ada, yakni mengurus dengan cara memberikan peluang-peluang kepada rakyat dengan tujuan akhir memberikan kebahagiaan.

ASN dimintanya, fokus dengan apa yang menjadi tanggung jawabnya, jangan jadikan masa pandemi sebagai alasan untuk mengendurkan kinerja. Justru sebaliknya, harus tetap produktif bekerja dan menghasilkan ide-ide segar untuk melayani masyarakat. “ASN itu hadir untuk memperkuat kehidupan rakyat, menjadikannya lebih baik di sektor apapun terutama di sektor-sektor yang mendasar,” jelasnya.

Dia mengatakan, ASN harus punya ambisi, karena ambisi menjadi penyemangat khususnya dalam konteks tugas pokok dan fungsi seorang ASN sebagai abdi negara dan abdi masyarakat. Dimana ASN menjalankan kepercayaan dari negara.

Ia mengingatkan jabatan adalah akibat dan bukan tujuan. Karena itu, setiap ASN harus fokus pada proses kerja, melakukan secara maksimal dengan semua potensi terbaik, sebab penilaian yang lebih penting adalah penilaian dari masyarakat, bukan sekadar penilaian atasan. “Penilaian publik jauh lebih penting karena nanti dengan sendirinya orang akan melihat kinerja dan perilaku kita. Apalagi di era sekarang ini, segala sesuatunya mudah terkonfirmasi. Jabatan itu akan datang sendiri dan dijalani sendiri,” katanya.

Komentar