Bappeda Kalbar Gelar Forum Satu Data Indonesia

29

Sanggau, Kalbar – Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sanggau mengikuti kegiatan Forum Satu Data Indonesia Provinsi Kalimantan Barat Tahun 2022, yang diselenggarakan oleh Bappeda Provinsi Kalimantan Barat di Ruang Pertemuan Hotel Mercure Pontianak. Selasa (7/6).


Pada kegiatan Forum Satu Data Indonesia dilakukan diskusi interaktif, yang mana setiap kabupaten / kota diminta untuk memaparkan kondisi pengelolaan satu data di masing-masing kabupaten / kota.

Dalam hal tersebut, pentingnya satu data mendorong integrasi data dan layanan pemerintah melalui standarisasi tata kelola data dan interoperablisasi, sehingga layanan pemerintah terintegrasi tidak bisa terwujud jika kondisi data masih tersebar dan dengan standar yang beragam.

Selain itu, dengan data dan layanan pemerintah yang terintegrasi, masyarakat selaku pengguna layanan akan dimudahkan dalam mengakses dan memanfaatkan layanan pemerintah, dan melalui upaya manajemen dan penjaminan kualitas data, maka proses pengambilan keputusan, perumusan kebijakan, dan pengembangan layanan dapat lebih terarah dan berbasis fakta.

Data yang berkualitas akan menghasilkan pembangunan yang berkualitas (tepat guna, tepat sasaran, adaptif, berkelanjutan, dan progresif). Pembangunan yang berkualitas akan menghasilkan data yang berkualitas pula.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Badan Pusat Statistik, Diskominfo dan Bappeda Kabupaten / Kota se-Kalimantan Barat. Sedangkan dari Kabupaten Sanggau turut hadir Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sanggau, Joni Irwanto, SP, Badan Pusat Statistik Kabupaten Sanggau, Kabid Statistik dan Persandian Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sanggau, dan Staf Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sanggau.