Pemkot Singkawang Lakukan Kunker ke Kota Mojokerto

45

Singkawang, Kalbar – Pemerintah Kota Singkawang melakukan kunjungan ke Kota Mojokerto Provinsi Jawa Timur, Rabu (8/6). Rombongan yang dipimpin Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie diterima langsung oleh Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari beserta jajaran. Kedatangan Wali Kota Tjhai Chui Mie dan rombongan bertujuan untuk mempelajari kota pusaka yang ada di Kota Mojokerto.

Pada kesempatan itu Wali Kota Mojokerto mengenalkan cagar budaya  kepada Wali Kota Tjhai Chui Mie, yaitu Tempat Ibadah Tri Dharma Hok Sian Kiong.

Tak hanya itu, Ika juga mengajak Tjhai Chui Mie dan rombongan menuju ke Sekolah Dasar Purwotengah yang dulunya menjadi tempat menuntut ilmu bagi Presiden pertama Ir. Soekarno. “Kota Mojokerto dan Kota Singkawang masing-masing memiliki warisan budaya yang menjadi kekhasan daerah masing-masing,” ujar Ika.

Ia mengatakan, budaya warisan dari Majapahit yang cukup kental di Kota Mojokerto, kalau Singkawang merupakan kota seribu kuil sehingga kedua kota memiliki sejarah dan budayanya masing-masing.

“Nah ciri khas ini yang bisa dikolaborasikan dan disinergikan dalam membangun kota kita masing-masing yang memiliki potensi budaya menarik,” ungkap Ika.

Wali Kota Tjhai Chui Mie berkesempatan pula untuk beribadah di TITD. Ia didampingi pengurus TITD Gede Sidarta.

Ia menyampaikan, ucapan terima kasih atas penyambutan yang telah diberikan Wali Kota Mojokerto dan jajaran. “Terima kasih kepada Ibu Wali kota beserta jajarannya yang sudah terima rombongan dari kota Singkawang, dimana tujuan kami kesini karena ingin belajar kota pusaka yang ada di Kota Mojokerto,” ucapnya.

Ia mengatakan bahwa berkunjung ke sekolah Soekarno mempunyai suatu nilai tersendiri.”Berkunjung langsung ke sekolahnya Presiden pertama, Ir Soekarno tentu ini punya sejarah, punya nilai untuk menyemangati kita, untuk ingat dan menjaga persatuan kesatuan Republik Indonesia serta mengamalkan Pancasila,” ujar dia.