Belasan Wartawan Sintang Ikuti Pelatihan Jurnalistik Pra UKW

36

Sintang, Kalbar – Belasan wartawan dari berbagai media di Kabupaten Sintang mengikuti pelatihan jurnalistik Pra Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang digelar Dewan Pers, Rabu (25/5).

Pelatihan jurnalistik ini diberikan dewan pers untuk mempersiapkan para peserta sebelum mengikuti UKW yang diselenggarakan oleh Lembaga Penguji Kompetensi Wartawan (LPKW) Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.  Pelaksanaan UKW yang akan digelar pada 3 – 4 Juni di Pontianak ini difasilitasi oleh Dewan Pers.

Ketua PWI Kabupaten Sintang, Tantra Nur Andi mengatakan, sebanyak 16 wartawan di Kabupaten Sintang yang akan mengikuti UKW di Pontianak merupakan anggota PWI Kabupaten Sintang.

 “Kami sangat mendukung pelaksanaan UKW yang difasilitasi oleh Dewan Pers ini, karena untuk mewujudkan wartawan yang profesional dalam melaksanakan tugas – tugas jurnalistiknya,” ujarnya.

Dikatakan Tantra, pers haruslah didukung oleh insan wartawan yang memiliki kompetensi jurnalistik. Wartawan harus terampil dalam teknis jurnalistik, taat pada kode etik jurnalistik dan berpengetahuan atau berwawasan luas.

Tantra menegaskan, PWI Kabupaten Sintang akan terus mendorong seluruh wartawan di Kabupaten Sintang untuk mengikuti kegiatan UKW. Hal ini dilakukan demi tercapainya visi PWI Kabupaten Sintang yakni bersama PWI Kabupaten Sintang, wartawan profesional, bermartabat dan beretika.

“Tahun lalu, sebanyak 9 wartawan anggota PWI Kabupaten Sintang telah lulus mengikuti UKW. Tahun ini saya berharap sebanyak 16 wartawan anggota PWI Kabupaten Sintang bisa lulus dalam mengikuti pelaksanaan UKW,” ungkap Tantra.

Kemudian, ia menyampaikan, akan mempersiapkan anggotanya mengikuti pelaksanaan UKW, PWI Kabupaten Sintang akan menggelar pelatihan jurnalistik pra UKW. Pelatihan ini dilakukan untuk kembali mengasah kemampuan para wartawan di bidang jurnalistik.

“Kami akan menggelar pelatihan jurnalistik pra UKW pada Sabtu 28 Mei. Pelatihan ini untuk meningkatkan kompetensi wartawan di bidang jurnalistik. Semoga dengan pelatihan ini, para wartawan di Kabupaten Sintang akan semakin meningkat kompetensinya,” pungkasnya.