BPBAT Mandiangin Gelar Temu Lapangan Perikanan

43

Singkawang, Kalbar  – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Balai Perikanan Budidaya Air Tawar (BPBAT) Mandiangin menggelar temu lapang perikanan budidaya air tawar di Ballroom Hotel Mahkota, Selasa (19/7).  Kegiatan ini diikuti oleh para kelompok pembudidaya ikan (pokdakan) Kota Singkawang yang membahas penerapan pembudidayaan ikan dengan sistem bioflok.

Kepala BPBAT Mandiangin, Evalawati mengatakan, tujuannya temu lapang ini untuk menginformasikan kepada pokdakan Kota Singkawang mengenai teknik budidaya ikan sistem bioflok.

“Harapan kita kegiatan ini dapat berhasil, produksi dapat meningkat, pendapatan pembudidaya meningkat dan sasaran terakhir kita kesejahteraan masyarakat pun akan membaik,” ujarnya.

Budidaya ikan sistem bioflok adalah suatu teknik budidaya melalui rekayasa lingkungan mengandalkan pasokan oksigen dan pemanfaatan mikroorganisme. Manfaat sistem bioflok ini dipercaya dapat meningkatkan nilai kecernaan pakan akibat mikrooganisme yang tumbuh dalam kolam memiliki nutrisi yang tinggi untuk pakan ikan.

Pada kesempatan itu, sebanyak dua  pokdakan di Kota Singkawang mendapat bantuan sistem bioflok yang diberikan oleh Anggota Komisi IV DPR RI Fraksi PDI Perjuangan Maria Lestari, yaitu Pokdakan Nyarumkop dan Pokdakan Rockstar Catfish. Ia berharap pemberian ini bermanfaat bagi perkembangan budidaya ikan di Kota Singkawang dan membantu mengatasi persoalan gizi buruk.

“Mudah-mudahan, bantuan bioflok ini bisa berlanjut dan berkembang sehingga bisa menjadi investasi baru untuk Kota Singkawang. Jadi, kita harus menciptakan pangan lokal melalui budidaya ikan air tawar,” harap dia.

“Para pokdakan juga diberikan pakan ternak dan dibekali ilmu mengenai bioflok, supaya masyarakat juga makan ikan air tawar karena protein pada ikan itu tinggi sekali dan baik bagi tubuh. Selain itu, konsumsi ikan sangat baik untuk mencegah potensi stunting bagi Ibu hamil dan juga bagus untuk kecerdasan anak,” imbuh dia.

Kepala DPKPP Kota Singkawang, Dwi Yanti mengungkapkan rasa terimakasih atas perhatian dan dukungan Ibu Maria Lestari terkait pemberian bantuan bioflok. Kedepannya, pihaknya akan melakukan pembinaan-pembinaan lebih lanjut kepada pokdakan yang sudah mendapatkan bantuan tersebut.

“Kita sangat berterimakasih sekali kepada Ibu Maria Lestari atas bantuan bioflok ini. Melalui aspirasinya, Kota Singkawang terus diberikan bantuan-bantuan. Kedepannya, kami akan melakukan pembinaan-pembinaan lebih lanjut kepada pokdakan yang sudah mendapatkan bantuan tersebut,” ucap dia.