Mulyadi Ajak Para Guru Terampil Gunakan Media Sosial

40

Pontianak, Kalbar – Sekretaris Daerah Kota Pontianak, Mulyadi membuka Workshop Peningkatan Kompetensi Guru SD di Lingkungan Pemerintah Kota Pontianak melalui Teknologi Informasi sebagai Media Pembelajaran, di Ruang Rapat Kantor Wali Kota, Selasa (19/7).

Ia mengajak para guru untuk terampil menggunakan media sosial. Perkembangan teknologi dari zaman ke zaman dinilainya menggeser jalur komunikasi antara guru dan murid. “Apalagi dengan kemajuan teknologi saat ini, yang membuat siswa tertarik melihat media, atau pelajaran yang sifatnya visual,” ujar dia.

Setelah menghadapi pandemi covid, dunia pendidikan kian akrab dengan pembelajaran jarak jauh, atau biasa dikenal melalui zoom meeting. Teknologi membantu proses belajar mengajar menjadi efesien dan fleksibel. Kendati demikian, Mulyadi meminta para guru tidak lengah dengan gawai dan tetap fokus mengembangkan kemampuan siswa secara tatap muka.

“Sekarang belajar bisa di mana saja dan kapan saja. Tetapi para guru harus paham menyajikan media pembelajaran yang berbasis teknologi digital ini,” katanya.

Melalui agenda itu, Mulyadi berharap berjalannya kegiatan diikuti dengan baik. Sebanyak 170 peserta guru hadir pada workshop itu, yang terdiri dari 70 orang di atas usia 40 tahun dan 100 peserta Kepala Sekolah SD di lingkungan Pemkot Pontianak.

“Semoga melalui workshop ini guru menjadi mampu memberikan suplemen belajar dengan mudah dan siswa mendapat pengalaman baru dalam belajar di era digital,” pungkasnya.

Ketua Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kalimantan Barat, Mahrani, menjadi narasumber pada workshop yang dilaksanakan dalam waktu dua hari itu.