Bupati Citra Buka Rapat Penetapan Kurukulum Muatan Lokal

23

Kayong Utara, Kalbar – Bupati Kayong Utara, Kalimantan Barat, Citra Duani membuka Rapat Penetapan Kurikulum Muatan Lokal untuk Pendidikan di Kayong Utara, bertempat di Aula Mahkota Hotel, Sukadana, Rabu (13/7).

Citra Duani menyampaikan, keberadaan pembelajaran muatan lokal merupakan strategi pembelajaran agar pendidikan di daerah relevan dengan kebutuhan.

“Anak akan mampu mengenali potensi-potensi yang ada pada dirinya sehingga mereka dapat mengembangkan potensi tersebut, kemudian melestarikan dan mengembangkan keunggulan kearifan daerah yang berguna bagi diri dan lingkungan sehingga mampu bersaing di era globalisasi,” katanya.

Selain itu, Salah satu upaya suatu negara agar dapat menghadapi tantangan globalisasi adalah dengan mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) yang handal yang sanggup menghadapi tantangan tersebut.

“Oleh sebab itu, kehandalan yang dibangun bisa dimanfaatkan dan dioptimalkan sehingga, kedepannya terbangun generasi yang produktif, inovatif, dan kreatif, bukan generasi yang konsumtif,” ungkapnya.

“Ini menjadi perhatian kita bersama, mengingat muatan lokal dikembangkan atas prinsip kesesuaian dengan perkembangan peserta didik, harapan saya, dimasa yang akan datang seluruh Perangkat Daerah dan Instansi Vertikal dapat saling berkoordinasi dalam mengambil peran pengembangan mutu pendidikan di Kabupaten Kayong Utara,” pungkas dia.