Bupati Citra Harap Baznas Bantu Tuntaskan Kemiskinan

62

Kayong Utara, Kalbar – Bupati Kayong Utara,  Citra Duani saat menghadiri pelantikan pemimpin Baznas periode 2022-2027 di Aula Istana Rakyat, Sukadana, Kamis (21/4).

Citra Duani mengatakan, sebagai lembaga pemerintah non struktural, Baznas diharapkan dapat membantu pemerintah dalam tuntaskan kemiskinan dan kesenjangan sosial.

“Melalui pengelolaan zakat yang amanah terlebih pada kondisi pandemi virus corona dan bencana yang terjadi akhir-akhir ini Baznas harus hadir ditengah masyarakat dan mengambil peran sebagai kepanjangan tangan para muzaki,” ujarnya.

Ia menyampaikan, bahwa dalam hal ini Baznas bersama pemerintah bertanggungjawab untuk mengawal pengelolaan zakat yang berasaskan syariat islam, amanah, kemanfaatan, keadilan, kepastian hukum, terintegrasi dan akuntabel.

“Melalui pengelolaan zakat yang baik, maka akan berdampak pada kesejahteraan masyarakat sekaligus menanggulangi kemiskinan khususnya di Kabupaten Kayong Utara,” tutur Citra.

Selain itu, dia menjelaskan, zakat merupakan salah satu instrumen kunci dalam menumbuhkan dan meningkatkan perekonomian.

“Zakat selain dapat membantu beban pemerintah dalam menangani masalah-masalah sosial, secara tidak langsung dapat membantu APBN dan APBD,” tutupnya.

Sementara itu, adapun pelantikan pemimpin Baznas Kayong Utara periode 2022-2027 yang terpilih sebagai ketua, Mawardi Usman, Wakil Ketua I, Buamin Ghorib Firdaus, Wakil Ketua II, M. Dedy Suhada, Wakil Ketua III, Indra Kurniawan, Wakil Ketua IV, Gusti M. Hukma. Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Kanwil Provinsi Kalbar yang diwakili, Kepala Kemenag Kayong Utara, Kapolres Kayong Utara yang diwakili, Organisasi Perangkat Daerah terkait, serta Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat Kayong Utara.