Sosialisasi Peninjauan RTRW Kabupaten Sintang Dibuka

61

Sintang, Kalbar – Asisten III Bidang Administrasi Umum Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang, Igor Nugroho, dalam hal ini mewakili Bupati Sintang membuka pelaksanaan kegiatan sosialisasi peninjauan kembali dan revisi rencana tata ruang wilayah Kabupaten Sintang, yang dilaksanakan di Ballroom Hotel My Home Sintang, Kamis (21/4).

Asisten III Bidang Administrasi Umum Sekretaris Daerah, Kabupaten Sintang, Igor Nugroho mengatakan, Kabupaten Sintang terus berupaya meningkatkan kapasitas dan meneguhkan komitmen  pemerintah daerah dalam penguatan tata kelola lingkungan pada aspek perencanaan dan usaha-usaha mencapai target pembangunan.

“Upaya penguatan tata kelola lingkungan yang dilakukan usaid segar ini selaras dengan tujuan pembangunan kabupaten sintang yang menekankan pada keseimbangan antara prioritas pengelolaan keanekaragaman hayati, penggunaan lahan secara berkelanjutan, dan tetap menjaga target pembangunan ekonomi yang inklusif,” ungkapnya.

Menurut Igor, pelaksanaan sosialisasi kegiatan peninjauan kembali dan revisi Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kabupaten Sintang sangat perlu dan mendesak mengingat kebutuhan peninjauan ulang setiap waktu lima tahun dan adanya perubahan lingkungan strategis yang terjadi.

“RTRW Kabupaten Sintang sebelumnya ditetapkan pada tahun 2015 dan telah memasuki masanya untuk ditinjau Kembali, peninjauan ini dilakukan untuk menjaga relevansi atau kesesuaian  antara rtrw dengan kebutuhan pembangunan, pemanfaatan dan pengendalian pemanfaatan ruang. Selain itu, peninjauan kembali dimaksudkan agar aspek-aspek sosial, ekonomi dan lingkungan dalam pelaksanaan program-program pembangunan wilayah di Kabupaten Sintang tetap terjaga,” jelasnya.

Ia mengatakan, konsultasi publik kegiatan penyusunan KLHS RDTR perkotaan kelam dimaksudkan sebagai upaya mengintegrasikan prinsip pembangunan berkelanjutan dalam Pembangunan Kawasan Perkotaan Kelam di Kabupaten Sintang kedalam Kebijakan, Rencana, dan Program (KRP).

“Pembuatan simtaru diproyeksi menjadi sistem informasi dan komunikasi penataan ruang dengan platform berbasis windows, android dan ios  portal tersebut berfungsi untuk publikasi informasi perencanaan, pelayanan dan komunikasi pengawasan,” ucapnya.

Ia menyampaikan, kepada seluruh peserta dapat memberikan aspirasi dan masukan dari beragam pemangku kepentingan yang terlibat dalam acara ini sehingga akan menjadi kontribusi berharga bagi perencanaan dan pelaksanaan pembangunan di kabupaten sintang.

“Saya berharap  rangkaian acara kegiatan ini menjadi tonggak upaya perbaikan tata kelola lahan dan lingkungan berbasis kewilayahan yang berkelanjutan di kabupaten sintang dalam mewujudkan komitmen sebagai kabupaten lestari, saya mengharapkan seluruh rangkaian kegiatan ini dapat berjalan dengan sukses dan lancar serta bermanfaat bagi kita semua,” tutupnya.