Bupati KKU Apresiasi Kinerja Polri

20

Kayong Utara, Kalbar – Polri memiliki peran strategis sebagai pelindung masyarakat, penegak hukum, pencegahan pelanggaran hukum dan pembinaan keamanan serta menjaga ketertiban masyarakat. Sehingga keberadaan Polri sangat berperan penting di NKRI.

Hal ini disampaikan Bupati Kayong Utara, Citra Duani saat menghadiri acara Syukuran Pada Peringatan Hari Ulang Tahun Bhayangkara ke-75 di Mapolres Kayong Utara, Kamis (1/7).

Sebelumnya, Citra bersama Kapolres serta Pabung Kodim Ketapang juga mengikuti upacara peringatan HUT Bhayangkara ke-75 secara virtual di ruang vidcon Mapolres Kayong Utara, yang dipimpin langsung oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

Pada kesempatan ini, Citra sangat mengapresiasi beberapa program yang telah dilakukan oleh Polres Kayong Utara.

“Pada kesempatan yang baik ini, Saya atas nama Pemerintah Daerah Kayong Utara mengucapkan terima kasih serta memberikan apresiasi kepada Kapolres Kayong Utara beserta jajarannya. Karena telah membantu kami dalam memberikan perhatian dan pelayanan kepada masyarakat,” ungkap Citra.

Selain itu, Citra mengatakan, bahwa dalam menghadapi masalah pandemi Covid-19 di Kabupaten Kayong Utara, program serta inovasi yang telah dilakukan oleh Polres Kayong Utara sangat membantu Pemerintah Daerah dalam menjaga kestabilan ekonomi serta mengedukasi masyarakat untuk melaksanakan protokol kesehatan.

“Di tengah Pandemi Covid-19 yang sedang melanda ini, peran serta dukungan Polres sangat besar dalam membantu pemerintah daerah dalam upaya peningkatan perekonomian masyarakat dan menjaga kestabilannya serta mampu mengedukasi masyarakat agar selalu melaksanakan protokol kesehatan. Sehingga bisa menjadikan Kayong Utara zona hijau,” kata Citra.

Kemudian Citra menjelaskan, dengan berbagai program dan inovasi yang telah dilakukan oleh Polres Kayong Utara tersebut, maka dapat dijadikan sebagai contoh bagi semua kalangan baik masyarakat maupun Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam memanfaatkan potensi yang ada di sekitar. Seperti yang telah dilakukan Kapolres Kayong Utara dalam menjalankan program pertanian Agro Sinergy Tani, yang sangat berpeluang besar dapat dijadikan komoditas unggulan daerah dalam bidang pertanian.

Kapolres Kayong Utara AKBP. Bambang Sukmo menjelaskan, peringatan hari Bhayangkari ke-75 ini merupakan sebuah momentum untuk lebih meningkatkan profesionalisme, meningkatkan kedewasaan diri serta prediktif, responsibilitas dan transparansi berkeadilan (Presisi). Presisi merupakan keniscayaan yang harus dilakukan.

Kemudian Bambang juga mengungkapkan, untuk menghadapi berbagai tantangan dan permasalahan harus adanya sinerytas antara Polri dengan TNI, Pemerintah Daerah serta masyarakat.

“Mengingat tantangan Polri ke depan semakin berat, yaitu tantangan kemajuan teknologi, tantangan untuk memajukan perekonomian dimasa pandemi serta tantangan untuk mewujudkan keamanan. Tentunya Polri tidak bisa menanggulangi ini secara satu institusi saja, namun kami harus bersinergi dengan pihak TNI dan pemerintah daerah itu sendiri, serta unsur masyarakat. Kami meyakini seberat apapun tantangan itu, akan dapat dihadapi demi terwujudnya Indonesia maju,” pungkas Bambang.

Acara yang diselenggarakan oleh Polres Kayong Utara tersebut juga turut dihadiri unsur Forkopimda, Manager Hotel Mahkota Kayong serta para tokoh agama tokoh masyarakat Kayong Utara.