Bupati Lepas Pawai Takbir Keliling Kendaraan

54

Sintang, Kalbar – Pengurus Hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Sintang menggelar Pawai Takbir Keliling kendaraan dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah / 2022 Masehi yang di lepas oleh Bupati Sintang, dr. H. Jarot Winarno, M. Med. PH di Depan Pendopo Bupati Sintang, Sabtu (9/7) Malam.

Turut dihadiri, unsur Forkopimda Sintang, unsur OPD dilingkungan Pemkab Sintang, PHBI Kab. Sintang, Ketua MUI Kab. Sintang dan tamu undangan lainnya.

Panitia pelaksana dari PHBI Kabupaten Sintang, Anang Nurcholis menyampaikan, bahwa Pawai Takbir Keliling kendaraan ini  dilakukan dalam rangka menyambut dan memeriahkan Hari Idul Adha 1443 H, yang memang setiap tahun rutin dilaksanakan sebagai syiar islam di Kabupaten Sintang.

“Jumlah peserta yakni 42 kendaraan roda empat yang terdaftar di kami panitia, semua sudah siap melaksana pawai,” ujar dia.

“Untuk rute pelepasan didepan pendopo terus jalur jalan korem, menuju jalan M. Saad, kemudian PKP Mujahidin, jalan lintas melawi, lanjut jalan menuju arah sui durian mutar kembali ke arah lintas melawi dan kembali ke rute awal,” imbuhnya.

Ia menyampaikan, ucapan terima kasih kepada Pemda Sintang yang telah memfasilitasi dan Polres Sintang yang telah memberikan pengamanan pawai takbir keliling sehingga bisa berjalan lancar dan aman.

“Kepada seluruh pihak dan para peserta kami ucapkan ribuan terima kasih karena yang telah berpartisipasi dan ikut serta menyukseskan kegiatan pawai ini,” ucapnya.

Dikatakannya, PHBI Kabupaten Sintang melaksanakan Shalat Idul Adha 1443 H di Lapangan Kodim 1205/Sintang pada Minggu pagi, 10 Juli 2022. Dengan imam yakni Mahyudin dan Khotib yakni Kasdim 1205/Sintang Pak Amri Marpaung.

Ia menjelaskan, untuk hewan qurban  yang di terima laporan oleh PHBI yakni sapi berjumlah 212 ekor dan kambing 102 ekor. “Luar biasa antusias masyarakat untuk bequrban, dengan harapan semoga amal ibadah kita di terima Allah Subhanahu wa ta’ala, Aamiin yarobbal alamin,” ucap dia.

Sementara itu, Kapolres Sintang, AKBP Tommy Ferdian menyampaikan Polres Sintang siap mengamankan seluruh rangkaian kegiatan mulai dari pawai takbir keliling, Shalat Id, pemotongan hewan Qurban hingga pendistribusiannya.

“Malam hari ini kami melakukan pengamanan dan pengawalan di beberapa titik termasuk kegiatan pawai pada malam hari ini, hingga shalat ied, pelaksanaan pemotongan hewan qurban dan pendistribusiannya,” ungkapnya.

Untuk kegiatan pawai takbir keliling ini, Kepolres berpesan beberapa hal kepada para peserta pawai dan masyarakat yang ikut serta maupun menyaksikan kegiatan pawai.

“Yakni menjaga keselamatan, dengarkan pendamping kegiatan pawai, jaga jarak, karena antusiasme masyarakat mengikut luarbiasa, agar rekan-rekan juga melihat arus lalulintas, hati-hati jangan sampai terjatuh dari kendaraan, jaga ketertiban dan keamanan juga,” pesan dia.