Citra Serahkan BLT Dana Desa

17
Bupati Kayong Utara, Citra Duani memberikan BLT Dana Desa secara simbolis pada warga Desa Penjalaan.

Kayong Utara, Kalbar – Bupati Kayong Utara secara simbolis memberikan Bantuan Langsung Tunasi Dana Desa pada warga penerima manfaat di Desa Penjalaan, Kecamatan Simpang Hilir. Desa Penjalaan tercatat sebagai desa pertama di Kayong Utara dalam pembagian BLT Dana Desa. Penerima manfaat mendapat BLT sejumlah Rp 600 ribu dikali 3 bulan.’

Melaunching Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD). Bupati Kayong Utara Citra Duani mengapresiasi Kepala Desa (Kades) Penjalaan yang telah menjadi pelopor penyaluran Bantuan Covid 19 Desa pada masyarakat miskin di Kabupaten Kayong Utara.

“Saya mengapresiasi kades yang dengan cepat dan sigap memberikan bantuan untuk masyarakatnya dalam menghadapi bencana Covid 19. Pemimpin yang seperti ini yang dibutuhkan masyarakat. Semoga dapat dicontoh oleh kades kades yang lain. Karena, BLT memang selayaknya diberikan sebelum Hari Raya Idul Fitri,” ungkap Citra sebelum menyerahkan BLT di Desa Penjalaan, pada Rabu (20/5).

BLT DD sebesar Rp600.000 selama 3 bulan diberikan ke pada masyarakat miskin Non PKH, di luar Penerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan Bantuan Sosial Tunai. Menjelang hari raya idul Fitri ini, Citra berkeyakian bantuan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat, untuk memenuhi kebutuhan hidupannya di tengah pendemi Covid-19.

“Inilah imbas bagi orang yang sabar. Tidak terdata di PKH, atau bantuan sosial lainnya tidak lantas menyalahkan pemerintah. Masih ada kesempatan menerima bantuan lainnya. Seperti BLT DD ini, yang penentuan kategori keluarga miskin dan validasi serta finalisasi datanya dibahas melalui musyawarah desa,” terangnya.

Selanjutnya, Kepala Desa Penjalaan, Slamet Riadi menyampaikan bantuan langsung tunai dari dana desa, tentunya untuk meringankan beban masyarakat yang terkena dampak wabah virus corona.

“Perlu saya laporkan jumlah KK Penerima Manfaat Bantuan Langsung Tunai Dana Desa di Desa Penjalaan berjumlah 343 kk, terbagi di empat dusun,” terangnya.

Pewarta : Rilis Humas

Editor : Tantra Nur Andi

Komentar