Diklat LEMHANAS RI di Kalbar Resmi Ditutup

29

Pontianak, Kalbar – Deputi Pemantapan Nilai-nilai (TAPLAI) Kebangsaan Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia (LEMHANAS RI), Laksamana Muda TNI Edi Sucipto, SE, M.M, M.Tr, Opsla menutup secara resmi kegiatan Pembinaan dan Pelaksanaan Pemantapan Nilai-nilai Kebangsaan bagi Birokrat, Akademisi, Tokoh Masyarakat, Organisasi Profesi TNI dan Polri yang dilaksanakan di Hotel Grand Mahkota Pontianak selama 8 hari dari mulai tanggal 7 – 14 Juni 2022. 

Dalam sambutanya Gubernur LEMHANAS RI Andi Widjajanto yang dibacakan Laksamana Muda TNI Edi Sucipto mengatakan guna menguatkan nilai-nilai kebangsaan, Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia (LEMHANAS RI) sebagai salah satu lembaga tinggi negera, berkewajiban untuk merekatkan dan menanamkan kembali nilai kebangsaan ini kepada generasi muda.

“Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia (LEMHANAS RI) melaksanakan Pembinaan dan Pelaksanaan Pemantapan Nilai-nilai Kebangsaan bagi Birokrat, Akademisi, Tokoh Masyarakat, Organisasi Profesi TNI dan Polri yang dilaksanakan di Hotel Grand Mahkota Pontianak selama 8 hari dari mulai tanggal 7 Juni hingga hari ini 14 Juni 2022,” ungkapnya.

Deputi Pemantapan Nilainilai Kebangsaan Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia (LEMHANAS RI), Laksamana Muda TNI Edi Sucipto mengatakan kegiatan ini memilih Kalimantan Barat sebagai tuan rumah dikarenakan kemajemukan etnis dan budaya yang harmonis dan punya nilai toleransi yang tinggi.

“Kegiatan seperti ini juga kita lakukan di beberapa provinsi lainya, kali ini di Kalimantan Barat yang beraneka ragamnya corak budaya serta etnis membuat LEMHANAS RI ingin kembali merekatkan hubungan tersebut dengan kembali menanamkan nilai-nilai kebangsaan agar bisa menjadi satu ikatan yang kuat dan solid,” jelasnya.

Deputi Pemantapan Nilai – nilai Kebangsaan Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia (LEMHANAS RI), Laksamana Muda TNI Edi Sucipto mengatakan, nilai-nilai kebangsaan tersebut harus ditanamkan sedini mungkin terutama kepada generasi muda agar tidak melupakan budayanya, akibat semakin majunya pengetahuan dan teknologi.

Hal senada disampaikan, Ketua Alumni TAPLAI LEMHANAS RI Kalimantan Barat Angkatan II, Edi Suhairul, S.Pd.I mengatakan kegiatan yang diikuti 100 peserta terdiri dari Birokrat, Akademisi, Tokoh Masyarakat, Organisasi Profesi TNI dan Polri semakin menumbuhkembangkan nilai-nilai kebangsaan dan implementasinya.

“Kegiatan Pembinaan dan Pelaksanaan Pemantapan Nilai-nilai Kebangsaan oleh LEMHANAS RI seperti ini sangat diperlukan untuk semangin menuatkan jati diri bangsa, dan kita berharap dari 100 orang peserta dari berbagai daerah ini bisa menjadi keterwakilan atau agen-agen Pemantapan Nilai-nilai Kebangsaan didaerahnya masing-masing,” ungkap Edi.

Edi menambahkan nantinya para peserta Diklat LEMHANAS RI ini menjadi agen perubahan di tempatnya masing-masing, untuk menguatkan kembali nilai-nilai kebangsaan berlandaskan Pancasila dan UUD 1945.

“Dengan keberagaman baik profesi, asal daerah semakin menambah khazanah dan pemahaman kita tentang wawasan Kebangsaan Kita, ada peserta yang berasal dari Bogor, DKI Jakarta, Lampung, Kalimantan Selatan bahkan dari Papua, ini semakin merekatkan pemahaman kita tentang kebangsaan dan Implemtasi saat ini,” pungkas Edi.