Gedung Fasilitas Layanan Perpustakaan Umum Sambas Diresmikan

13

Sambas, Kalbar – Kepala Perpustakaan Nasional Muhammad Syarif Bando bersama Bupati Sambas Satono, menghadiri peresmian Gedung layanan perpustakaan Kabupaten Sambas , Selasa, (28/6). Peresmian gedung perpustakaan megah pertama di kabupaten Sambas ini ditandai dengan pemotongan pita dan pemukulan gong serta penandatanganan prasasti kegiatan rangkaian peningkatan indeks literasi Masyarakat (PILM) di Kabupaten Sambas.

Turut dihadiri, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Ignatius IK, Anggota DPR RI Komisi X Adrianus Asia Sidot,Bunda Literasi Kabupaten Sambas Yunisa Satono, Kepala Arsipda Kabupaten Sambas Heryanto.

Selain peresmian, kegiatan juga dirangkai dengan pengukuhan bunda literasi Kabupaten Sambas dan bunda literasi se-Kecamatan Kabupaten Sambas. Tidak hanya itu, kemudian melakukan MOU antara perpustakaan nasional dengan Piteknik Negeri Sambas (Poltesa) dan IAIS Sambas.

Kepala Dinas Perpustakaan dan kearsipan daerah kabupaten Sambas, Heryanto menyampaikan, ucapan terima kasih kepada Presiden Jokowidodo serta kepala perpustakaan Nasional beserta jajarannya. Karena berkat dukungannya Kabupaten sambas memiliki gedung layanan Perpustakaan refresentatif.

Ia mengungkapkan, pembangunan Gedung Perpustakaan Daerah menelan biaya Rp10 Milyar. Selain itu, pemkab Sambas turut memberikan dana sebesar Rp 3,5 Milyar untuk studio mini dan fasilitas lainnya penunjang layanan perpustakaan.

Bupati Sambas,  Satono mengungkapkan, rasa bangga dan terima kasihnya kepada pihak yang telah berikhtiar memperjuangkan dalam memberikan atensi serta kontribusi dalam pembangunan perpustakaan kabupaten sambas yang begitu megahnya. 

Menurutnya, dengan hadirnya gedung perpustakaan yang megah ini tidak hanya menghadirkan fisik yang baik namun juga diimbangi semangat membaca terus meningkat dikabupaten sambas sehingga membawa kabupaten sambas terunggul di Kalimantan Barat.