Jembatan Telaga Cinta Mahajaya Jadi Penghubung  Lokasi Cagar Budaya

49

Singkawang, Kalbar – Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie bersama pihak PD. Mahajaya Pontianak meninjau pembangunan jembatan Telaga Cinta Mahajaya, Minggu (15/5). Jembatan ini dibangun untuk menghubungkan cagar-cagar budaya di Kota Singkawang, yaitu Rumah Marga Tjia, Taman Burung dan Mess Daerah Kota SIngkawang.

Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie mengatakan, bahwa Jembatan ini dibangun dengan program CSR PD. Mahajaya dan sudah tersedia tempat parkir sehingga masyarakat bisa menggunakan fasilitas parkir di sana.

“Masyarakat akan lebih mudah untuk mengunjungi lokasi cagar-cagar budaya dengan adanya jembatan penghubung ini,” ujarnya.

Kemudian, dibangunnya tempat parkir yang dekat dengan jembatan penghubung tersebut, untuk memudahkan masyarakat mengakses ketiga lokasi cagar budaya yang telah disebutkan. Manfaat dari pembangunan-pembangunan ini diantaranya untuk mempromosikan Kota Singkawang, mengurangi kemacetan, meningkatkan jumlah pengunjung yang datang berwisata ke Kota Singakawang sehingga berdampak pada peningakatan perekonomian masyarakat.

Ia menjelaskan, untuk ke depannya pemerintah Kota Singkawang akan menggelar rapat koordinasi terkait penataan kawasan tersebut yang saat ini masih terlihat kumuh dan belum tertata dengan baik. Diantaranya, pembangunan jalan paving block, atap pelindung dan taman bunga.

“Kita akan rapat kembali membahas penataan kawasan tersebut. Nanti di wilayah yang banyak rumput ini akan kita pasang dan bentuk jalan paving block. Lalu, ada atap pelindung dari tempat parkiran sampai ke jembatan penghubung. Jadi, para pengunjung yang datang tidak kepanasan dan tidak kehujanan. Kemudian, taman kecil juga akan kita bangun di situ supaya semakin terlihat cantik,” jelasnya.

Ia menyampaikan, ucapan terimakasih dan apresiasi kepada para donatur atas realisasi pembangunan Jembatan Telaga Cinta Mahajaya ini. Ia pun mengajak dukungan masayarakat terkait pembangunan ini dan menjaga keindahan kawasan-kawasan cagar budaya yang ada di Kota Singkawang.

“Saya berterimakasih kepada para donatur dan pihak ketiga lainnya atas bantuannya sehingga kita bisa lakukan pembangunan jembatan dan lainnya. Maka, apa yang sudah dibangun ini harus kita jaga dengan baik supaya selalu bersih dan indah,” pungkasnya.