Kabupaten Sekadau Masih Jadi Daerah Endemis Rendah

9

Sekadau, Kalbar – Dinas Kesehatan Kabupaten Sekadau menggelar Pertemuan Lintas Sektor / Lintas Program dan Penilaian Eliminasi Malaria yang diselenggarakan di Ruang Serbaguna kantor Bupati Sekadau, kecamatan Sekadau Hilir, Kabupaten Sekadau, Selasa (14/6).

Dalam sambutannya, sekretaris daerah Kabupaten Sekadau, Mohammad Isa mengatakan, bahwa di Kalimantan terdapat 27 Kabupaten/Kota yang merupakan daerah endemis rendah. Untuk pulau Kalimantan ditargetkan mencapai eliminasi pada tahun 2026. Kabupaten Sekadau merupakan salah satu dari 27 Kabupaten/kota yang merupakan daerah yang belum terbebas dari malaria. Pada tahun 2020 di Kabupaten Sekadau terdapat penderita malaria sebanyak 10 penderita dan merupakan kasus terakhir di Kabupaten Sekadau.

“Adapun tujuan dilaksanakannya Pertemuan Lintas Sektor dan Lintas Program dalam rangka eliminasi malaria di Kabupaten Sekadau adalah agar stakeholder yang terlibat mengetahui dan memahami peraturan Bupati yang sudah di sahkan sehingga dapat dilaksanakan sesuai aturan yang telah ditetapkan, mengaktifkan peran serta lintas sektor dan lintas program dalam rangkan eliminasi malaria dan juga komitmen bersama dalam tahap pemeliharaan eliminasi malaria,” jelas dia.

 Perwakilan Kemenkes RI, DR. dr. Rita Kusriastuti menuturkan  bahwa Kabupaten Sekadau dinilai sudah layak untuk mendapatkan sertifikasi malaria, dari 14 Kabupaten yang ada di Kalimantan Barat, selain Sekadau tersisa 4 Kabupaten yang belum mendapatkan sertifikasi malaria yaitu  Landak, Sintang, Melawi dan Kapuas Hulu.

“Program malaria ini juga merupakan program berkelanjutan,artinya setelah suatu wilayah mendapatkan sertifikasi malaria maka akan langsung dilanjutkan dengan program penjagaan, supaya tidak ada kasus malaria yang masuk kembali ke wilayah Kabupaten Sekadau. Kami selaku tim sertifikasi malaria juga meminta komitmen Pemerintah Daerah untuk tetap menjaga daerahnya bebas malaria,” ungkapnya.

Pada kegiatan tersebut juga dilakukan pemaparan materi keterlibatan lintas sektor / lintas program dalam kegiatan eliminasi malaria, review eliminasi malaria di Kabupaten Sekadau, diskusi serta tanya jawab dan diakhiri dengan sesi foto bersama.