Kejuaraan Klub PBVSI Jadi Ajang Seleksi PORPROV Kalbar

92

Sintang, Kalbar – Kejuaraan Bola Voli PBVSI Cup Tahun 2022 resmi dimulai di Indoor Apang Semangai, Sabtu, (12/3). Kejuaraan tersebut dibuka oleh Bupati Sintang,  Jarot Winarno.

Kejuaraan akan berlangsung mulai 12-19 Maret 2022. Masyarakat Kabupaten Sintang dipersilakan untuk menyaksikan pertandingan yang dilaksanakan setiap hari mulai pukul 09.00 WIB hingga 23.00 WIB dengan membayar tiket masuk.

Sekretaris Pengurus Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) Kabupaten Sintang, Erwan Chandra menjelaskan, Kejuaraan Bola Voli PBVSI Cup Tahun 2022 diikuti tim bola voli lokal Kabupaten Sintang yang terdiri dari 19 tim putri  dan 20 tim putra. “Sebenarnya pertandingan ini harus dilaksanakan pada Maret 2020 yang lalu, namun karena pandemi kita tunda, baru Maret 2022 ini baru bisa dilaksanakan,”

Ia juga menjelaskan, bahwa penundaan kejuaraan berdampak pada latihan dan persiapan para atlit. Kejuaraan ini menjadi kerinduan para atlit voli Kabupaten Sintang. Awalnya pihaknya merencanakan hanya 5 hari pelaksanaan kejuaraan, namun karena sudah 2 tahun tidak ada kejuaraan, maka waktunay diperpanjang, pesertanya juga lebih banyak yakni 20 tim.

“Awalnya kami hanya mau menerima 16 tim saja, namun peminatnya sangat banyak, bahkan ada tim bola voli putra yang kami tolak karena sudah melebihi 20 tim. Menambah peserta, maka, akan menambah hari pemakaian Indoor. Sementara, pemakaian Indoor sudah ada jadwalnya,” jelasnya.

Kemudian, Kejuaraan Bola Voli PBVSI Cup Tahun 2022 ini, akan menyiapkan uang pembinaan untuk juara putra dan putri masing-masing juara 1 sebanyak 5 juta, juara 1 sebesar 3 juta, juara 3 sebesar 2 juta, dan juara harapan 1 juta. Selain uang pembinaan , ada piagam dan plakat. Bagi yang juara dan pemainya merupakan seorang pelajar akan berikan piagam khusus. Piagam tersebut bisa digunakan untuk melanjutkan studi atau yang lainnya.

Erwan mengungkapkan, bahwa kejuaraan ini juga dijadikan sebagai ajang seleksi dan persiapan mengikuti kejuaraan provinsi Kalbar junior yang akan dilaksanakan pada Juni 2022 nanti.

“Ada permintaan dari PBVSI Kalbar, kita akan menjadi tuan rumah kejuaraan tersebut. Kami juga jadikan kejuaraan ini sebagai seleksi Pekan Olahraga Provinsi Kalimantan Barat ke- 13 Tahun 2022 ini. Pada semifinal kejuaran ini nanti, kami akan pasang lapangan interlock di Indoor Apang Semangai ini. Lapangan interlock ini sudah pernah dipakai pada PON di Papua kemarin. Bagi klub yang masuk semifinal, maka kalian akan yang pertama menjajal lapangan interlock ini,” tuturnya.

Selanjutnya, Ia menyampaikan untuk berkompetisi secara sprotif dan lakukan Kerjasama yang baik kepada tim.  “Mari kita berkompetisi secara sehat, junjung tinggi sportivitas. Juara bukan diraih dengan cara yang instan, tetapi perjuangan, disiplin dan kerjasama tim yang solid,” tutup Erwan.